Tata Luncurkan Pikap Mini Berbahan Bakar Gas

Jum'at, 28 Agustus 2015 - 08:39 WIB
Tata Luncurkan Pikap...
Tata Luncurkan Pikap Mini Berbahan Bakar Gas
A A A
TATA Motors Distribusi Indonesia (TMDI) melakukan terobosan baru dengan menghadirkan dua pikap mini yang menggunakan bahan bakar gas.

Kedua pikap mini tersebut yakni Tata Ace CNG dan Tata Iris CNG diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show(GIIAS) 2015. TMDI berharap kedua pikap mini tersebut akan jadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan komersial yang kuat dan ramah lingkungan.

”Di GIIAS 2015ini kami menawarkan kendaraan rakyat dengan teknologi ramah lingkungan berbahan bakar alternatif CNG; Tata Ace CNG dan Tata Iris CNG yang dapat digunakan sebagai angkutan penumpang dan logistik antarwilayah kecamatan dan pedesaan,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI. Biswadev menyebutkan bahwa Tata Motors berkomitmen untuk memberikan solusi bagi Indonesia dengan kendaraan komersial kecil, kendaraan logistik kecil, dan kendaraan angkut penumpang.

”Tak hanya itu, kami juga ingin menjadi bagian dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia,” tegas Biswadev. Tata Ace CNG menggunakan mesin 702 cc 275 CNG-BS IV Water-cooled Multipoint Gas Injection Engine. Nah yang mampu menghasilkan tenaga 21 daya kuda pada 3.400 RPM dan torsi 49 Nm di 2.200 RPM. Keduanya dihubungkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Sementara, Tata Iris CNG menggunakan satu silinder mesin CNG dengan kapasitas 611cc dan menghasilkan tenaga dan torsi; 13,2 daya kuda dan 39 Nm. Tangki CNG Tata Iris memiliki kapasitas 10 kg atau setara dengan kemampuan jarak tempuh hingga 220 kilometer. Tata hadir dengan kapasitas angkut dari 4 sampai 5 penumpang tergantung pada varian.

Tata Motors sebagai perusahaan global mengembangkan teknologi CNG tanpa melibatkan tangan ketiga atau after market,melainkan Tata Motors memiliki pabrik khusus (fully builtCNG production) yang memproduksi kendaraan berbahan bakar CNG di Uttarakhand, India. Kelebihan pengembangan dan produksi langsung ini adalah konsumen dapat menikmati sistem CNG dan instalasi CNG yang lebih aman dan berkualitas standar.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0698 seconds (0.1#10.140)