Ditjen Bea Cukai Optimistis Capai Target

Senin, 14 September 2015 - 10:59 WIB
Ditjen Bea Cukai Optimistis Capai Target
Ditjen Bea Cukai Optimistis Capai Target
A A A
BOGOR - Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Heru Pambudi optimistis tahun ini pihaknya mampu mendekati target penerimaan negara seperti yang dibebankan oleh pemerintah di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015.

”Kami masih optimistis mampu mendapatkan pendapatan negara seperti yang ditargetkan. Meski tidak 100%, kami yakin bisa mencapai 95% dari yang dibebankan kepada Ditjen Bea dan Cukai oleh pemerintah,” kata Heru Pambudi kepada KORAN SINDO di sela-sela acara Customs on The Street di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, kemarin. Dia mengungkapkan hingga 9 September 2015 Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai sudah mengantongi penerimaan Rp104 triliun.

Sementara itu, target yang dibebankan kepada institusinya tahun ini harus meraup penerimaan tidak kurang dari Rp195 triliun. ”Penerimaan Rp104 triliun berasal dari bea masuk, bea keluar, dan cukai. Sekali lagi saya yakin bisa memenuhi target walaupun kondisi perekonomian mengalami pelambatan,” jelasnya.

Selain menggenjot penerimaan negara, Ditjen Bea dan Cukai juga berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat. Salah satunya dengan menggelar ”Customs on The Street” di Lapangan Sempur. ”Kami berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat, baik kepada pengusaha, buruh, industri, maupun warga biasa. Di sini kami berkumpul menjadi satu keluarga untuk saling mengenal agar tahu peran masing-masing,” kata Heru.

Acara Customs on The Street sendiri untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa lembaga Bea dan Cukai bukan hanya ada di pelabuhan-pelabuhan atau bandara saja. Mereka juga ada di kabupaten/kota, salah satunya di Bogor.

”Ada 147 kawasan berikat, 8 gudang berikat, dan 2 tempat penimbunan ethil alcohol untuk memasok kebutuhan pabrikpabrik itu. Nah, di dalamnya lebih dari 180.000 orang yang bekerja. Nah, kami membantu mereka sehingga penting bagi kami menginformasikan kepada masyarakat bahwa Ditjen Bea dan Cukai juga mendukung industri,” tutur Heru.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Humas Ditjen Bea dan Cukai Haryo Limanseto mengatakan bahwa Customs on The Street menjadi agenda tahunan yang diadakan sejak 2013. ”Tempatnya berpindahpindah, tujuan kami mengedukasi tugas dan peran dari Ditjen Bea dan Cukai,” ujarnya.

Muh iqbal marsyaf
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5351 seconds (0.1#10.140)