Pemerintah Perlu Tiru Sepak Terjang Ali Wardhana

Selasa, 15 September 2015 - 10:25 WIB
Pemerintah Perlu Tiru Sepak Terjang Ali Wardhana
Pemerintah Perlu Tiru Sepak Terjang Ali Wardhana
A A A
JAKARTA - Ketua Staf Ahli Wakil Presiden RI Sofjan Wanandi mengungkapkan bahwa pemerintah sedianya perlu meniru sepak terjang mantan Menteri Keuangan era Orde Baru Ali Wardhana, yang mampu menstabilkan kembali kondisi perekonomian Indonesia saat diterpa krisis ekonomi 1965.

Dia menuturkan, almarhum Ali Wardhana merupakan sosok yang brilian dan mampu mengatur kembali kondisi keuangan Indonesia, sehingga bisa kembali dipercaya masyarakat dan investor.

"Saya pikir dari Pak Ali yang paling brilian itu sebenarnya meyakinkan dan mengatur kembali kita punya keuangan kita, sehingga bisa kembali dipercaya orang. Mempersiapkan APBN dan mengatur bagaimana balance budget supaya kita tidak utang lebih banyak lagi," katanya saat ditemui di kediaman Ali Wardhana, Patra Kuningan, Jakarta, Senin (14/9/2015) malam.

Kendati kondisi ekonomi Indonesia sudah berbeda dengan saat zaman kepemimpinan Ali sebagai Menteri Keuangan, namun berbagai upaya yang dilakukan mantan Menteri Koordinator bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri tersebut patut dijadikan contoh.

"Tapi bahwa dia (Ali Wardhana) itu ingin mengatur ekonomi Indonesia lebih konsolidatif, itu salah satu yang masih kita perlukan. Ada balance budget itu masih kita perlukan, menjaga kita punya rupiah, menjaga kita punya inflasi, itu yang dia letakkan dasar-dasar kita punya APBN," tandasnya.

Sekadar informasi, Ali Wardhana yang pernah mencatatkan rekor MURI sebagai Menteri Keuangan dengan periode jabatan terlama ini meninggal dunia kemarin, Senin (14/9/2015) pukul 15.30 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Almarhum diketahui meninggal dunia lantaran penyakit paru-paru kronis yang dideritanya sejak muda.

(Baca: Mantan Menkeu Ali Wardhana Tutup Usia)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5116 seconds (0.1#10.140)