Eksotik dan Santai dengan Gazebo

Rabu, 16 September 2015 - 10:10 WIB
Eksotik dan Santai dengan Gazebo
Eksotik dan Santai dengan Gazebo
A A A
Apakah Anda sudah terpikir untuk melengkapi taman dengan furnitur cantik seperti gazebo? Jika ya, jangan lupa untuk cocokkan model gazebo dengan konsep taman. Dengan begitu, tampilan taman pun akan semakin asri dan nyaman untuk bersantai.

Ide melengkapi taman dengan gazebo memang sangat bagus karena dengan adanya gazebo di taman bisa menciptakan tempat alternatif untuk bersantai di luar rumah. Anda pun tidak perlu pusing memikirkan untuk mencari tempat dengan suasana santai dan nyaman karena dengan gazebo sudah mewakili suasana seperti yang diinginkan tanpa harus berada jauh dari rumah.

Penting atau tidaknya peran gazebo tergantung bagaimana Anda memaksimalkan fungsi dari gazebo itu sendiri. Hiasan seperti kelambu, bantal untuk istirahat, lampu hias bahkan Anda pun bisa menambahkan uplight di semaksemak atau tanaman rimbun yang dapat mendukung agar gazebo terlihat tambah cantik dan romantis.

Karena tidak hanya siang hari, malam hari pun Anda bisa bersantai di gazebo. “Material gazebo bisa menggunakan berbagai jenis bahan seperti bambu wulung warna hitam, hijau, ataupun kuning. Jika ingin menggunakan kayu, bisa pakai kayu nyatoh, kayu besi, dan kayu kelapa. Biasanya bahan-bahan tersebut sudah melalui proses pengawetan.

Jadi, bahan tersebut memiliki elastisitas sehingga tidak mudah patah terhadap guncangan. Untuk penutup atapnya bisa menggunakan alang, kiray, ijuk, dan sirap,” tutur arsitek lanskap Herlin Wibowo. Jika Anda tertarik mendirikan gazebo di taman, jangan lupa untuk memperhatikan hal penting seperti perhitungkan gaya dan model gazebo yang akan dipilih.

Pertimbangkan pula keseimbangan proporsi gazebo dengan luas taman. Sebaiknya gazebo memiliki luas 1/5 dari total luas taman. “Sebaiknya ukuran gazebo 2x2 meter sehingga masih bisa menempatkan meja kecil, kursi dan beberapa pernak-pernik yang dibutuhkan. Buatlah akses jalan menuju gazebo secara nyaman.

Sebaiknya lebar jalan sekitar 40 cm sampai 90 cm dan minimal jarak antara gazebo dengan tembok rumah yaitu 2 meter,” saran Herlin. Ada baiknya jangan meletakkan gazebo di bawah pohon buah karena jika buahnya jatuh, maka dapat merusak atap gazebo. Selain itu, serangga dapat mengganggu kenyamanan Anda saat menikmati suasana di gazebo.

Umumnya menempatkan gazebo di bagian tengah taman atau halaman rumah. Model dan luasan atau besaran gazebo sebaiknya menyesuaikan dengan luas halaman atau taman rumah. “Model gazebo yang besar, tentu saja sangat tidak cocok dengan kondisi halaman atau taman yang sempit. Sebaliknya, gazebo yang kecil juga sangat tidak ideal jika dibangun di taman atau halaman yang luas,” kata Herlin.

Jangan meletakkan gazebo terlalu dekat dengan bangunan utama. Perlu diingat bahwa gazebo yang letaknya berdekatan dengan bangunan utama, selain tidak memiliki nilai estetika, juga akan menghilangkan nuansa santai yang hendak diciptakan. Tak kalah pentingnya, hal tersebut akan berdampak pada utilitas bangunan gazebo.

Aprilia S Andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7597 seconds (0.1#10.140)