Cerita Tom Lembong dalam Lawatan Jokowi ke Timur Tengah

Rabu, 16 September 2015 - 16:06 WIB
Cerita Tom Lembong dalam...
Cerita Tom Lembong dalam Lawatan Jokowi ke Timur Tengah
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong baru saja mengakhiri lawatannya ke beberapa negara di Timur Tengah bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa menteri kabinet kerja lainnya.

Dari hasil lawatannya tersebut, pria kelahiran 4 Maret 1971 ini mengaku terheran-heran melihat antusiasme masyarakat di Abudhabi atas kehadiran Presiden Jokowi dan rombongan menteri kabinet kerja lainnya untuk menyambangi salah satu hypermart di negara tersebut.

Bahkan, dia menyebut bahwa Jokowi menjadi fenomena global lantaran ketenarannya di luar negeri. "Lucu sekali melihat masyarakat di sana itu heboh sekali menyambut Presiden. Mungkin kita semua kurang menyadari atau suka lupa sebetulnya Presiden kita sudah jadi fenomena global," katanya di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (15/9/2015).

Menurut penuturannya, antusiasme masyarakat di Abudhabi atas kehadiran mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tidak hanya datang dari warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di sana. Bahkan, warga Filipina dan Pakistan semua berjejal dan mencari peluang untuk berjabat tangan hingga berfoto bersama Jokowi.

"‎Banyak orang Filipina dan Pakistan, semua foto dan cari peluang untuk salaman tangan dengan Presiden. Masyarakat dari negara tetangga di situ sudah terpesona dengan Presiden kita‎," imbuhnya.

Selain itu, Lembong juga mendapati kenyataan bahwa produk makanan dan minuman kemasan, buah, seafood, hingga rempah-rempah asal Tanah Air banyak diminati masyarakat di negara tersebut.

"Presiden dan para menteri dalam rombongan melihat, produk Indonesia dari makanan dan minuman yang dikemas sampai buah-buahan, seafood dan rempah-rempah itu memang sebetulnya lumayan laku di Timur Tengah," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0711 seconds (0.1#10.140)