Mendag Akan Bangun Cold Storage Raksasa Sekelas Dubai

Rabu, 16 September 2015 - 17:38 WIB
Mendag Akan Bangun Cold Storage Raksasa Sekelas Dubai
Mendag Akan Bangun Cold Storage Raksasa Sekelas Dubai
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong berencana membangun fasilitas penyimpanan hasil pertanian (cold storage) raksasa seperti di Dubai, Uni Emirat Arab.

Keinginannya ini muncul setelah melihat cold storage raksasa milik Dubai, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di beberapa negara Timur Tengah bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan lalu.

Dia menceritakan, berdasarkan hasil pantauannya di Dubai, cold storage yang dimiliki Dubai memiliki luas sekitar tiga kali luas lapangan sepak bola. Gudang penyimpanan tersebut dikatakannya menjadi yang terbesar di Timur Tengah.

"‎Presiden kan memerintahkan saya dan Bulog untuk mengunjungi cold storage tersebut, dan memang sangat impresif sekali. Cold storage-nya tinggi sekali," katanya di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Menurut Lembong, dirinya dan Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti telah mendapat banyak inspirasi dari cold storage milik Dubai tersebut. Untuk itu, dia ingin membangun fasilitas serupa di Indonesia.

"Sehingga‎ saat panen, hasil panen bisa masuk situ dulu. Ini bisa kurangi volatilitas. Biasanya kan begitu panen, harga produk anjlok karena over supply," imbuh dia.

Dengan adanya cold storage ini, sambung Lembong, visi pemerintah untuk memberdayakan Bulog tidak hanya di komoditas beras akan dapat terlaksana. Karena, Bulog bisa membangun cadangan pangan strategis di cold storage ini.

"‎Ini berpotensi sangat mengurangi over supply saat panen, dan kelangkaan saat distrupsi. Ini sangat diperlukan, kami sangat senang sekali melihat contoh kelas dunia. Sehingga kami bisa bangun dengan pola dan desain yang sangat baik," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0961 seconds (0.1#10.140)