Pemerintah Pastikan Harga Daging Sapi Stabil

Jum'at, 18 September 2015 - 15:43 WIB
Pemerintah Pastikan Harga Daging Sapi Stabil
Pemerintah Pastikan Harga Daging Sapi Stabil
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina memastikan harga daging sapi stabil jelang Hari Raya Idul Adha.

Dia mengatakan, meski kebutuhan daging sapi wilayah Jabodetabek sebesar 70% dari kebutuhan nasional, namun kondisi tersebut akan berbeda seperti saat Hari Raya Idul Fitri yang meroket.

"Idul Adha itu agak berbeda dengan Idul Fitri, karena kalau Idul Fitri itu memang kebutuhan konsumsinya sangat tinggi. Kalau ini (Idul Adha) tinggi, tapi kan masyarakat melakukan kurban kemudian membagikannya gratis. Jadi artinya ini sosial dan kemudian itu harga relatif turun," ujarnya di kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Srie menyebutkan, harga daging sapi secara nasional turun dari Rp110 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp108 ribu per kg. Sementara pasokan sapi selama Idul Adha di wilayah Jabodetabek terdapat sebanyak 270 ribu ekor sapi lokal.

"Yang dijadikan kurban 170 ribu ekor, jadi akan ada stok sekitar 100 ribu ekor. Itu datangnya dari Nusa Tenggara, Jawa Tengah, kemudian Jawa Timur untuk masuk ke Jabodetabek," imbuhnya.

Sementara, stok kambing selama Idul Adha untuk wilayah Jabodetabek terdapat sekitar 800 ribu ekor. Rencana kambing yang akan dipotong sebanyak 500 ribu ekor.

"Itu posisi sampai hari ini. Artinya cukup sampai hari Idul Adha, jadi harga akan landai lah atau stabil," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7056 seconds (0.1#10.140)