Tiga Kualitas Harus Dimiliki Lulusan Kuliah untuk Jadi Pengusaha

Selasa, 22 September 2015 - 15:18 WIB
Tiga Kualitas Harus Dimiliki Lulusan Kuliah untuk Jadi Pengusaha
Tiga Kualitas Harus Dimiliki Lulusan Kuliah untuk Jadi Pengusaha
A A A
CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengemukakan, lulusan perguruan tinggi harus memiliki kualitas dalam membangun sebuah bisnis. Sehingga, lahir pengusaha-pengusaha sukses di negeri ini.

HT mengungkapkan, kualitas pertama adalah vertical quality. Yakni, kualitas kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME).

"Inilah dasar ketika mereka ingin berbisnis lebih baik. Jangan lupakan dari mana kita berasal," ujarnya di hadapan Wisudawan STIMar AMI dan IBM ASMI di Balai Samudera, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Kedua, lanjut HT, kualitas internal. Di sini berbicara kepada diri kita sendiri. "Jadi buang sifat sombong, mau menang sendiri, kita harus lebih menghargai diri kita sendiri," terang Ketua Umum Partai Perindo ini.

Ketiga, kualitas eksternal. Yaitu, bagaimana seorang pengusaha dapat berkomunikasi dengan baik dan menghasilkan yang baik pula.

Menurut HT, kualitas ini harus didukung visi, konsep yang jelas dan kecepatan atau speed yang dimiliki pengusaha.

Hal tersebut telah dia buktikan setelah lulus kuliah pada 1989. Usai kuliah, HT membuka sebuah perusahaan yang dimulai dari 1 orang karyawan. Dan, kini MNC Group telah memiliki 30.000 karyawan.

Dalam kesempatan itu, ditampilkan video profile perusahaan MNC Group mulai dari media, finance, dan sebagainya. Setelah Anda keluar dari tempat ini, Anda akan menghadapi situasi yang nyata. Ingat wisuda bukan akhir, tapi awal dari perjuangan," pungkasnya, disambut tepuk tangan para wisudawan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6787 seconds (0.1#10.140)