Firmanzah: Aparat Desa Perlu Ditatar Agar Dana Desa Efektif

Minggu, 27 September 2015 - 20:02 WIB
Firmanzah: Aparat Desa Perlu Ditatar Agar Dana Desa Efektif
Firmanzah: Aparat Desa Perlu Ditatar Agar Dana Desa Efektif
A A A
JAKARTA - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi pemerintahan SBY, Firmanzah mengungkapkan bahwa aparat desa perlu ditatar terlebih dahulu agar dana desa yang digelontorkan pemerintah efektif.

Dia mengatakan, penggelontoran dana sebesar Rp46,9 triliun tersebut akan efektif jika percepatan penyerapan dan efektifitas proyek yang dibangun di daerah tersebut berjalan dengan baik.

"Persoalan selama ini adalah perlu percepatan capacity building di aparatur desa. bagaimana pengajuan dokumen, persyaratan administrasi, prosedur itu harus dirampungkan," katanya dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Minggu (27/9/2015). (Baca: Jumlah Penduduk Miskin RI Naik Jadi 28,59 Juta Orang)

Rektor Universitas Paramadina ini menilai, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional sudah sedianya bekerja sama memberikan pelatihan untuk aparat desa terkait penggunaan dana desa tersebut. (Baca: Pemerintah Dinilai Kesampingkan Kemiskinan Demi Infrastruktur)

"Kalau ini bisa dilakukan segera, dana desa bisa disalurkan maka akan bisa banyak mengentaskan kemiskinan di desa," tandasnya. (lly)

Baca juga:

Orang Miskin di Perkotaan Bertambah Jadi 10,65 Juta Orang

Orang Miskin Bertambah, DPR Sebut Pemerintah Gagal

Mantan Stafsus SBY Pesimis Angka Kemiskinan Dapat Ditekan
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9498 seconds (0.1#10.140)