HT: Indonesia Harus Beralih Menjadi Basis Produksi

Senin, 12 Oktober 2015 - 22:20 WIB
HT: Indonesia Harus Beralih Menjadi Basis Produksi
HT: Indonesia Harus Beralih Menjadi Basis Produksi
A A A
BANDA ACEH - Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) menyatakan Indonesia saat ini harus kembali menjadi negara yang berbasis produksi setelah terjebak menjadi negara berbasis konsumsi.

“Indonesia sudah bergeser yang tadinya negara berbasis produksi sekarang konsumsi, bahkan yang kita makan pun impor. Kita sudah tidak swasembada lagi bahkan di produk-produk bahan pokok yang kita makan sehari-hari,” ujarnya dalam sambutan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Provinsi Aceh di Amel Convention Hall, Banda Aceh, Senin (12/10/2015).

Seperti diketahui, untuk memenuhi kebutuhan kedelai saja Indonesia masih bergantung pada impor. Bahan baku untuk tahu dan tempe ini sekitar dua pertiganya berasal dari impor. Begitu juga susu, gula, dan berbagai bahan baku lainnya.

Terakhir yang sedang ramai diberitakan, rencana impor beras untuk mengamankan persediaan nasional. Rencanannya pemerintah akan mengimpor sekitar 1 juta ton beras dari Vietnam.

Menurut HT, agar Indonesia bisa kembali menjadi negara yang berbasis produksi perlu ada keberpihakan kepada masyarakat menengah bawah, seperti petani, nelayan, dan UMKM. “Kelas ekonomi menengah bawah pertumbuhannya harus dipastikan lebih cepat dari kelas menengah atas,” tandas HT.

(Abdul Kharis)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6036 seconds (0.1#10.140)