PLN Resmikan Pengoperasian PLTS Cirata

Kamis, 15 Oktober 2015 - 10:41 WIB
PLN Resmikan Pengoperasian PLTS Cirata
PLN Resmikan Pengoperasian PLTS Cirata
A A A
PURWAKARTA - PT PLN (Persero) meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Cirata di Desa Cadas Sari, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat hari ini.‎ PLTS ini dioperasikan oleh anak usaha PLN, yaitu PT Pembangkit Jawa Bali (PJB).

Direktur Utama‎ PJB Muljo Adji menjelaskan, PLTS yang dibangun sejak Oktober 2014 menggelontorkan dana sekitar Rp28 miliar dengan luas 1,5 hektare (ha). Pembangkit ini berkapasitas 1,3 megawatt (MW).

Dia mengatakan, ‎PLTS ini merupakan tempat penelitian atau research centre untuk pembangkit bertenaga surya dan akan menjadi role model untuk PLN membangun pembangkit serupa ke depannya.

"‎PLTS yang dibangun, merupakan tempat penelitian atau research centre. Jadi kalau PLN akan membangun PLTS, maka bisa menugaskan PJB," katanya di PLTA Cirata, Purwakarta, Kamis (15/10/2015).

Selain itu, langkah PJB untuk membangun PLTS ini merupakan bagian dari kesiapan perseroan dalam melaksanakan program 25% bauran energi dari energi terbarukan (renewable energy) 2025.

‎"Kenapa PJB juga concern terhadap PLTS karena ini alternatif/bagian dari kesiapan kita melaksanakan program 25% bauran energi dari renewable energy 2025," tandas Muljo.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6167 seconds (0.1#10.140)