PJB Gandeng Qatar Bangun PLTG di Sumut

Kamis, 15 Oktober 2015 - 11:13 WIB
PJB Gandeng Qatar Bangun PLTG di Sumut
PJB Gandeng Qatar Bangun PLTG di Sumut
A A A
PURWAKARTA - PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) yang merupakan anak usaha PT PLN (Persero) menggandeng perusahaan listrik asal Qatar, yaitu Qatar Nerbas Power Company untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Sumatera Utara (Sumut).

Direktur Utama PJB Muljo Adji mengungkapkan, dalam kerja sama ini pihaknya mendapat porsi saham yang sedikit lebih besar dibanding Qatar, yaitu 51%.

"Kerja sama kita di Qatar denga Nebras Power, anak perusahaan BUMN listrik Qatar. Nanti dari sahamnya PJB 51%," kata dia di Kantor PJB Unit Pembangkitan Cirata, Kamis (14/10/2015).

Dia menyebutkan, dana yang dibutuhkan untuk membangun PLTG berkapasitas 2X250 megawatt (MW) tersebut mencapai Rp7 triliun, yang akan ditanggung kedua belah pihak dengan membentuk konsorsium.‎

PLTG ini diperkirakan akan dapat beroperasi pada 2019. Saat ini, pembangunan proyek pembangkit masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study) dan menunggu kepastian ‎dari induk usaha, yaitu PLN untuk membangun jaringan transmisi.

"PLTG nanti bisa combine. Sekarang lagi feasibility, masih nunggu transmisi PLN, belum tentukan demandnya," imbuh dia.

Muljo menambahkan, investor tersebut tertarik investasi di PLTG ini saat dirinya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan kerja ke Qatar. ‎

"Saya katakan kita dikasih waktu dua minggu kerja sama dengan Qatar, Pak Jokowi mau harus ada investor ada enam tapi hanya satu. Ini suatu contoh bagaimana sebagai bangsa Indonesia kita bisa international deal, ditargetkan enam hanya berhasil satu, betapa sulitnya yang lain meyakinkan investor,," tutur dia.
(rna)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1353 seconds (11.210#12.26)