Pemerintah Tak Punya Uang Serap Divestasi Freeport

Senin, 19 Oktober 2015 - 14:06 WIB
Pemerintah Tak Punya Uang Serap Divestasi Freeport
Pemerintah Tak Punya Uang Serap Divestasi Freeport
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengemukakan, pemerintah tidak mempunyai uang untuk menyerap pelepasan sebagian saham (divestasi) PT Freeport Indonesia.

"Menkeu katakan tidak punya uang menyerap saham Freeport. Kata Bu Rini (Menteri BUMN) ada dia, BUMN bisa serap saham Freeport," ujarnya di Jakarta, Senin (19/10/2015).

Menurut Sudirman, Freeport sudah mengirimkan surat kepada dirinya terkait siapa yang akan menyerap saham perusahaan tambang raksasa asal Negeri Paman Sam itu. (Baca: OJK Khawatir Saham Divestasi Freeport Dikuasai Asing)

"Freeport kirim surat ke saya, domainnya ketika jadwal divestasi terlaksana, siapa yang mau ambil? Urutan pertama BUMN, lalu BUMD," jelasnya.

Setelah itu, lanjut Sudirman, pilihan terakhir akan diserahkan kepada pihak swasta. Kendati demikian, kepastian tersebut berada di tangan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. (Baca: Deadline Penawaran Divestasi Freeport Akhir Oktober Ini)

"Habis itu baru ke swasta, ini pemerintah yang punya domain dari Menkeu yang pegang uang dan Menteri BUMN yang pegang saham BUMN," katanya.

Sementara secara pribadi, Sudirman menginginkan pelepasan saham ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI) agar pasar modal Tanah Air bisa berkembang.

"Saya cenderung ingin lihat pasar modal berkembang, kalau masuk pasar modal lebih transparan, bisa dilihat masyarakat, dan indeks meningkat," tandasnya.

Baca juga:

OJK: Freeport Bakal Diawasi Banyak Pihak Jika IPO

Freeport IPO, Rakyat Tak Dapat Untung

DPR Minta Jokowi Tegur Menteri ESDM Soal Freeport
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8953 seconds (0.1#10.140)