HT: Akses Modal Murah Harus Mudah dan Merata

Kamis, 22 Oktober 2015 - 02:21 WIB
HT: Akses Modal Murah Harus Mudah dan Merata
HT: Akses Modal Murah Harus Mudah dan Merata
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) menilai langkah pemerintah menurunkan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari 22% menjadi 12% per tahun untuk mendorong pertumbuhan UMKM sudah tepat.

“Namun, yang harus digarisbawahi adalah penyaluran program KUR mesti merata. Kalau hanya 10% yang memperoleh fasilitas tersebut maka sama saja,” kata HT saat deklarasi dan pelantikan DPW dan DPD Partai Perindo Gorontalo, Rabu (21/10/2015).

Menurutnya, akses modal juga harus mudah. Akses yang sulit membuat pelaku UMKM pinjam modal ke pendanaan tidak resmi alias bank-bank keliling atau rentenir. Akibatnya, bunga yang dikenakan jauh lebih tinggi. "Keuntungan mereka habis hanya untuk menyesuaikan kebutuhan hidup mereka,” tambah CEO MNC Group ini.

Tidak berhenti di akses modal UMKM, lanjut HT, juga harus diberikan pelatihan yang relevan agar mereka memiliki keterampilan. Di samping itu, dalam menghadapi MEA pemerintah perlu memberikan proteksi kepada pelaku UMKM agar mampu bersaing dengan para pengusaha menengah ke atas yang lebih mapan dan berpengalaman. “MEA ini menjadi ancaman bagi masyarakat tertinggal,” tegasnya.

(Teddy Febrianto)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6158 seconds (0.1#10.140)