Percepat Digitalisasi UMKM, HT Dorong Perluas Infrastruktur Internet di Daerah

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 18:00 WIB
loading...
Percepat Digitalisasi UMKM, HT Dorong Perluas Infrastruktur Internet di Daerah
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo di acara Workshop TNI AD Bersama Pemerintah Dalam Mengembangkan Ekonomi UMKM di Era Digital, di Buperta Cibubur, Sabtu (29/10/2022). FOTO/MPI/Azis Indra
A A A
JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mendorong perluasan infrastruktur internet di daerah. Hal itu guna mempercepat transformasi digital UMKM.

"Ada satu yang mungkin agak ketinggalan di Indonesia. Infranstruktur internet di daerah itu perlu diperbaiki juga, kalau kita lihat kualitas internet yang baik itu di kota-kota besar, di urban," ujar Hary Tanoesoedibjo saat menjadi pembicara di acara Workshop TNI AD Bersama Pemerintah Dalam Mengembangkan Ekonomi UMKM di Era Digital, di Buperta Cibubur, Sabtu (29/10/2022).


Menurut dia internet telah menjadi kebutuhan pokok di dunia modern. Dari internet, imbuhnya, masyarakat bisa menjalankan berbagai aktivitas termasuk transaksi jual beli. Apalagi, pelaku UMKM banyak berada di daerah. Hal ini didukung dengan 40 persen masyarakat Indonesia yang masih tinggal di daerah 3T.

"Kalau kita lihat pelaku UMKM itu juga banyak di daerah, kalau itu tidak dimaksimalkan, tidak diperbaiki, artinya yang berkembang itu termasuk UMKM itu hanya di kota besar atau di urban area," jelasnya.



Dia menandaskan infranstruktur internet yang memadai akan berdampak positif pada sektor ekonomi khususnya dalam mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia. "Jadi kalau ingin pemerataan ekonomi, salah satu yang diperhatikan bukan hanya masalah regulasi tapi juga masalah infrastruktur," tutur HT.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)