Kurangi Impor, Pertamina Jajaki Kerja Sama 7 KKKS

Jum'at, 23 Oktober 2015 - 01:31 WIB
Kurangi Impor, Pertamina Jajaki Kerja Sama 7 KKKS
Kurangi Impor, Pertamina Jajaki Kerja Sama 7 KKKS
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) sedang menjajaki rencana kerja sama dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) nasional guna memperoleh pasokan minyak mentah untuk mengurangi impor minyak mentah dari luar negeri.

Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan, saat ini perolehan minyak mentah dari domestik sejalan dengan upaya memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia.

Rachmad mengatakan, sudah ada tujuh KKKS yang tengah dijajaki untuk menjalankan kerja sama itu. "Jadi ada sekitar 6-7 KKKS yang sedang dilobi, kemungkinannya yang sedang kita jajaki saat ini," ujarnya di Jakarta, Kamis (‎22/10/2015).

Namun, dia masih enggan membeberkan lebih detail nama tujuh KKKS yang dimaksud. Kemungkinan kerja sama‎ juga belum bisa dipastikan akan disepakati semua KKKS.

Dari tujuh KKKS yang menjadi sasaran Pertamina, dua di antaranya sudah menunjukkan minatnya untuk memasok minyak mentah ke Pertamina. Bahkan dua perusahaan ini akan memasok minyak mentah dalam jumlah besar. "Dua ini nanti besar-besar, sekitar 120 ribu bph (barel per hari)," katanya.

‎Menurutnya, realisasi kerja sama dengan dua KKKS itu segera berlangsung dalam waktu dekat. ‎Sehingga diprediksi akhir tahun tambahan pasokan minyak mentah mulai disalurkan ke Pertamina.‎ "Ya, mudah-mudahan Desember sudah masuk tambahannya," tutur Rachmad.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6374 seconds (0.1#10.140)