Saham Asia Ramai-ramai Naik

Senin, 26 Oktober 2015 - 08:29 WIB
Saham Asia Ramai-ramai Naik
Saham Asia Ramai-ramai Naik
A A A
TOKYO - Saham Asia pada perdagangan pagi ini memusnahkan semua kerugian sejak devaluasi mata uang China pada Agustus lalu, seiring penguatan ekuitas global setelah bank sentral China (PBoC) memangkas suku bunga untuk menopang pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Dilansir dari Reuters, Senin (26/10/2015) Indeks Nikkei N225 naik 1,0% ke level tertinggi dalam dua bulan. Sementara Kospi Korea Selatan, KS11 naik 0,4% dan saham Australia naik tipis 0,3%.

Indeks mata uang dolar MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,1%. MIAPJ0000PUS karena kekuatan dolar, berdiri di dekat angka tertinggi dalam 2 setengah bulan pada Jumat lalu.

Indeks MSCI dari saham pasar dunia. MIWD00000PUS melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari dua bulan pada Jumat, setelah naik lebih dari 10% dari dua tahun terendah sebulan lalu.

Sebagian besar kerugian sejak 11 Agustus telah pulih, ketika tiba-tiba devaluasi yuan China memicu kekhawatiran ekonomi mungkin berada dalam kesulitan yang lebih dalam.

Di Wall Street, S & P 500 Index .SPX naik 1,1% berubah positif pada tahun ini, sedangkan teknologi Nasdaq naik 2,3% .IXIC.

Saham teknologi memimpin jalan berkat keuntungan Alphabet (GOOGL.O), Amazon (AMZN.O) dan Microsoft (MSFT.O), setelah tiga perusahaan itu melaporkan pendapatan positif. Sementara Microsoft naik ke angka tertinggi dalam 15 tahun.

China telah mengatur nada pada Jumat ketika PBoC memankas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 4,35% dan menurunkan rasio persyaratan cadangan bank-bank besar sebesar 50 basis poin menjadi 17,5%.

Kejutan bergerak mengangkat aset berisiko didorong oleh pesan Kepala Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi, bahwa mereka siap meningkatkan pelonggaran moneter (QE) dan memangkas suku bunga ke level yang lebih rendah, bahkan negatif.

IT2YT Italia = TWEB dan Spanyol ES2YT = TWEB obligasi 2 tahun pemerintah berubah negatif untuk pertama kalinya, yang berarti investor efektif membayar untuk menahan mereka daripada dibayar. Sementara patokan 2 tahun yield Jerman turun lagi menjadi minus 0,345% DE2YT = TWEB.

Hasil negatif melemahkan daya tarik untuk memegang euro, di mana pedagang mendorongnya ke level terendah dalam 2 setengah bulan USD1,0989/euro.

Yen merosot ke 121,60/USD, terendah sejak akhir Agustus karena para pedagang berspekulasi Bank Sentral Jepang (BOJ) mungkin melepaskan pelonggaran tambahan pada Jumat, mengikuti jejak dari ECB dan China.

"Ekonomi Jepang lebih lemah dari pada bulan Agustus dan tidak ada tanda-tanda rebound. Pasar sekarang mengharapkan pelonggaran dari BOJ," kata Takeru Ogihara, kepala strategi Mizuho Trust Bank.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8485 seconds (0.1#10.140)