Jakpro Gandeng BTN Kembangkan Kota Jakarta

Rabu, 28 Oktober 2015 - 19:28 WIB
Jakpro Gandeng BTN Kembangkan Kota Jakarta
Jakpro Gandeng BTN Kembangkan Kota Jakarta
A A A
JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menggandeng PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) untuk mengembangkan pembangunan kota Jakarta. BTN siap memberikan berbagai macam kredit untuk menyukseskan rencana Jakpro tersebut.

"Bank BTN tak mau ketinggalan peluang ikut membangun Jakarta. Melalui sinergi ini BTN akan memberikan dukungan kepada Jakarta Propertindo dalam mengembangkan bisnis membangun Jakarta," ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono dalam rilisnya, Rabu (28/10/2015).

Menurutnya, ruang lingkup dalam kerja sama dengan Jakpro ini meliputi beberapa hal, antara lain pemberian fasilitas kredit kontruksi, kredit modal kerja, kredit investasi, kredit pemilikan rumah atau apartemen (KPR/KPA).

Selain itu, pembiayaan dan tabungan karyawan, pengelolaan keuangan dan fasilitas cash management service (CMS), serta jasa perbankan lainnya yang dibutuhkan. Naskah kesepahaman kerja sama ditandatangani langsung Direktur Utama BTN Maryono dan Direktur Utama Jakpro Abdul Hadi.

Maryono mengatakan, Bank BTN ingin mengoptimalkan perannya di lingkungan Jakpro dan Pemda DKI, bukan hanya di program sejuta rumah. Namun, juga siap mendukung project-project lainya baik dalam pemberian kredit maupun dalam pemanfaatan jasa dan layanan bank lainnya.

Direktur Utama Jakpro Abdul Hadi menjelaskan, Jakarta merupakan kota metropolitan dan sekaligus ibu kota negara Indonesia, merupakan cerminan, tolak ukur dari berkembangnya suatu negara. Kondisi ini memerlukan upaya strategis guna menata perkembangan kehidupan perumahan bagi masyarakatnya.

Ketersediaan lahan yang terbatas untuk perumahan di ibu kota memaksa masyarakat untuk berpaling dari rumah tapak menjadi rumah susun.

Kondisi ini memberikan tantangan tersendiri untuk pengadaan rumah susun dan tata kelola wilayah yang baik, sehingga dapat terlaksana program perumahan di Jakarta yang memberikan hunian layak untuk masyarakatnya agar lebih sejahtera.

"Selain mencari pendanaan konvensional dari perbankan, dan saat ini telah bekerja sama dengan Bank BTN, Jakpro juga sedang mencari pendanaan alternatif baik dari investor finansial dalam maupun luar negeri serta investor strategis tentunya," tegasnya.

Penggalangan dana itu akan dilakukan perusahaan patungan Asset Management yang akan dibentuk antara Jakpro dan Bank DKI.

Perusahaan Asset Management tersebut akan mengeluarkan produk Jakarta Infrastruktur Fund secara serial, baik dalam bentuk surat utang ataupun ekuitas, yang akan ditawarkan di dalam dan luar negeri.

"Sehingga tidak menutup kemungkinan pula, Jakpro mengajak BTN untuk berpartisipasi dan bersinergi dalam project-project tersebut melalui produk Jakarta Insfrastruktur Fund tersebut," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7329 seconds (0.1#10.140)