Perusahaan Pemasok APP Terancam Gagal Penuhi Produksi

Jum'at, 30 Oktober 2015 - 10:47 WIB
Perusahaan Pemasok APP Terancam Gagal Penuhi Produksi
Perusahaan Pemasok APP Terancam Gagal Penuhi Produksi
A A A
JAKARTA - Sejumlah perusahaan pemasok Asia Pulp & Paper (APP) diperkirakan gagal memenuhi target produksi akibat terbakarnya ribuan lahan akasia siap panen di Ogan Komering Ilir.

Kepala Bagian Bidang Hubungan Eksternal PT Bumi Andalas Permain Iwan Setiawan mengatakan, meski angka kerugian belum dihitung secara pasti tapi secara kasat mata dapat terlihat karena hampir 90% lahan yang dimiliki telah terbakar.

"PT BAP memiliki luas lahan akasia mencapai 192.000 hektare, dan hampir 90% terbakar pada kebakaran hutan dan lahan tahun ini. Saat ini belum bisa dipastikan berapa nilainya, karena tanah masih ada bara apinya dan belum bisa diinjak," kata dia, Jumat (30/10/2015).

Menurutnya, sejak awal PT BAP beserta lima perusahaan lainnya yakni PT Bumi Mekar Hijau, PT Sebangun Bumi Andalas, dan tiga lagi di Musi Banyuasin yakni PT Rimba Hutani Emas, PT Bumi Persada Permai, dan Tripupa Jaya diproyeksikan untuk memenuhi permintaan OKI Pulp And Paper di Ogan Komering Ilir.

Perusahaan OKI Pulp And Paper ini ditargetkan mulai beroperasi pada April 2016 dengan mengharapkan suplai sebanyak 3 juta ton pulp, kemudian menjadi 6 juta ton pulp pada tiga bulan berikutnya dari lima perusahaan tersebut.

Namun, kebakaran lahan yang masuk areal konsesi sejak 9 September telah menghanguskan ribuan hektare lahan akasia siap panen.

Sementara, dalam satu hektare saja bisa menghasilkan 200 kubik akasia, padahal 1 ton pulp membutuhkan sektiar 4 ton kayu akasia.

"Kontribusi PT BAP sendiri diharapkan 40 persen dari kebutuhan OKI Pulp & Paper. Tapi dengan kondisi ini, sudah jelas akan sulit tercapai," kata dia.

Menurutnya, bukan hanya produksi yang terancam gagal tercapai, tapi juga munculnya ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK).

PT BAP tercatat memiliki tenaga kerja sekitar 700 orang yang sebelumnya diproyeksikan untuk tahapan penanaman, pemeliharaan dan pemanenan.

"Jika sudah terbakar begini, apa yang harus dipanen. Sementara dalam bisnis perkebunan akasia ini, tenaga kerja untuk pemanenan yang banyak dibutuhkan," kata dia.

Api kebakaran hutan dan lahan di kawasan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan bermula dari luar konsesi perusahaan pemasok Asia Pulp & Paper PT Bumi Andalas Permai.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5990 seconds (0.1#10.140)