PGN Perluas Penyaluran Gas Bumi untuk Rumah Tangga

Jum'at, 30 Oktober 2015 - 15:45 WIB
PGN Perluas Penyaluran Gas Bumi untuk Rumah Tangga
PGN Perluas Penyaluran Gas Bumi untuk Rumah Tangga
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus memperluas penyaluran gas bumi melalui pipa untuk rumah tangga. Kali ini, perusahaan menyasar rumah tangga di wilayah Pasuruan, Jawa Timur.

Area Head PGN Pasuruan Mula Prasetyawan mengatakan, total gas bumi yang disalurkan sebanyak 1.370 meter kubik (m3) atau sebanyak 137 kepala keluarga. Adapaun penyebaran dilakukan di beberapa tempat, di antaranya Perumahan Tambak Yudan Makmur, Perumahan Kebonagung Mas, Perumahan Pucang Indah Lestari, Perumaham Lentera Cluster dan Jalan Erlangga yang seluruhnya berlokasi di Desa Purworejo dan Desa Kebonagung Pasuruan.

“Pembangunan jaringan pipa gas dan penyaluran gas ke rumah tangga ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memperluas pemanfaatan gas bumi di Indonesia," kata dia, dalam rilisnya di Jakarta,Jumat,(30/10/2015).

Menurut dia, perluasan penggunaan bahan bakar gas sebagai langkah perusahaan BUMN untuk mendukung kebijakan pemerintah mewujudkan energi bersih, murah dan ramah ramah lingkungan. PGN kemudian membentuk program Sayang Ibu dengan mewujudkan satu juta pelanggan di seluruh Indonesia.

“Berkat dukungan dari pemerintah dan masyarakat kami akan terus memperluas pemanfaatan gas bumi untuk mendukung kebijakan pemerintah, yakni konversi BBM ke gas,” ujar dia.

Pihaknya menargetkan dalam setahun ini mampu menyalurkan gas bumi 200 rumah tangga di Kota Pasuruan. Sementara seluruh kabupaten di targetkan mencapai 200 rumah tangga.

“Sedangkan untuk Jawa Timur jumlah pelanggan gas bumi PGN telah mencapai 13.601 pelanggan,” kata dia.

Dia berujar, pemasangan jaringan pipa gas di Pasuruan melalui beberapa tahap, antara lain sosialisasi program, pengumpulan formulir, berlangganan dan evaluasi calon konsumen. Setelah tahap itu terlampaui baru dilanjutkan pemasangan jaringan pipa gas dan penyaluran gas.

“Secara teknis penyaluran gas rumah tangga akan lebih cepat dilakukan apabila telah tersedia jaringan pipa induk dan pipa distribusi di sekitar lokasi calon pelanggan,” ungkapnya.

Ke depan, dia menambahkan, PGN akan terus merealisasikan infrastruktur supaya gas menjadi sumber kemandirian energi. Selain pelanggan rumah tangga, PGN juga menyalurkan gas untuk industri di wilayah Pasuruan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6174 seconds (0.1#10.140)