BCA: Dampak Pelemahan Rupiah Menarik

Senin, 09 November 2015 - 19:14 WIB
BCA: Dampak Pelemahan Rupiah Menarik
BCA: Dampak Pelemahan Rupiah Menarik
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk atau BCA Eugene Keith Galbraith mengaku terpukul dengan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Rupiah secara langsung memukul kami punya expenses (anggaran) tapi secara tidak langsung dampak pelemahan rupiah ini menarik," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (9/11/2015).

Eugene menjelaskan, uniknya dampak pelemahan rupiah terlihat dari melonjaknya jumlah orang yang menggunakan jasa hotel.

"Saya melihat sejak pertengahan tahun 2014 sampai sekarang, tiap hari Sabtu dan Minggu keluar makan siang, untuk booking sulit dapat meja," jelas dia.

Menurutnya, dengan kondisi rupiah yang melemah, masyarakat tidak menghabiskan USD untuk berpergian ke luar negeri, melainkan menggunakannya di dalam negeri.

Dia mengatakan, beberapa pihak yang meminjam dana kepada perseroan, terutama yang bergerak di bidang industri kelapa sawit juga terkena dampak dari melemahnya rupiah. (Baca: Euro Menang Atas USD, Rupiah Berakhir Kalah)

"Misal kelapa sawit. Kita punya beberapa peminjam di bisnis itu. Kalau bisnisnya berkurang karena harga komoditi tinggi, mereka akan memangkas tenaga kerjanya," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6413 seconds (0.1#10.140)