Hipmi Sarankan Freeport IPO di BEI

Rabu, 02 Desember 2015 - 10:32 WIB
Hipmi Sarankan Freeport IPO di BEI
Hipmi Sarankan Freeport IPO di BEI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya Iskandarsyah Ramadhan Datau menyarankan, sebaiknya PT Freeport Indonesia melakukan pengurangan (divestasi) sebagian saham melalui skema initial public offering atau IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Menurutnya, saham perusahaan tambang raksasa asal Amerika Serikat (AS) itu sebisa mungkin jangan dilepas kepada swasta.

"Freeport sebaiknya IPO karena bisa semua orang berpartisipasi, kecuali kalau divestasi ke pemerintah tidak apa-apa. Kalau ke swasta jangan, lebih baik IPO," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Rama mengatakan, jika divestasi dilakulan melalui penawaran umum perdana saham di BEI, maka tidak berarti asing yang akan kembali mengambil alih.

"Bukan hanya asing yang bisa menguasai tapi masyarakat juga bisa, bukan masalah asing atau nonasing. Hasil IPO, dananya dimanfaatkan oleh siapa?" jelas dia.

Sementara, para pengusaha muda akan lebih memilih mencatatkan saham perdananya di BEI melalui bidang usaha yang tidak memakan banyak modal, seperti sektor tambang.

"Jadi kita mesti jadi pemain, kalau bicara tambang, modalnya besar semua. Kalau pengusaha muda masuk di tambang, belum apa-apa sudah besar modalnya," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5594 seconds (0.1#10.140)