Bumi Resources Komentari Rencana Medco Akuisisi Newmont

Kamis, 10 Desember 2015 - 17:21 WIB
Bumi Resources Komentari Rencana Medco Akuisisi Newmont
Bumi Resources Komentari Rencana Medco Akuisisi Newmont
A A A
JAKARTA - Presiden Direktur Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) Suseno Kramadibrata mengaku tidak masalah dengan pihak yang akan mengakuisisi PT Newmont Nusa Tenggara.

Menurutnya perusahaan siap bekerjasama dengan siapapun partner baru yang nantinya akan mengambil alih saham perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu. "Kita tidak masalah partner dengan siapapun. Kepemilikan kita yang 24% di Newmont tetap sama," ujarnya di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Perusahan, lanjutnya tidak terlalu memikirkan pihak manapun yang akan mengakuisisi Newmont, seperti pemilik PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) Arifin Panigoro. "Terlepas dari sudah belum akuisisi 76% Newmont dibeli oleh Medco Energi. Kepemilikan kami di PT Multi Daerah Bersaing 75%, sisanya Pemda," katanya.

Selain itu Dia mengatakan, 56% saham Newmont masih dimiliki konsorsium atas nama PT Nusa Tenggara Partnership B.V (NTP BV) dan 17,8% dimiliki PT Pukuafu Indah (PTFI). Di sisi lain menurutnya Newmont belum membangun smelter, tapi tetap melakukan pemurnian bahan baku tambang menggunakan smelter perusahaan lain.

"Yang bangun smelter bukan Newmont tapi perusahaan lain yang kerjasama dengan Newmont. Di UU tidak mengatur yang punya tambang harus punya smelter," pungkasnya.

Sebagai informasi, keseluruhan saham Newmont Nusa Tenggara dimiliki oleh PT Nusa Tenggara Partnership B.V (NTP BV) sebanyak 56%, sebanyak 24% dimiliki PT Multi Daerah Bintang, 17,8% dimiliki PT Pukuafu Indah (PTFI), dan 2,2% dimiliki PT Indonesia Masbaga Investama.

(Baca Juga: Rencana Arifin Panigoro Akuisisi Newmont Terhalang Pemerintah)

Sementara untuk saham NTB V sebanyak 56% masing-masing banyak dimiliki oleh Newmont Mining Corp (NMC) dan Sumitomo Corp. Grup Bakrie masuk ke Newmont melalui perusahaan patungan PT Multi Daerah Bersaing (MBD).
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7610 seconds (0.1#10.140)