AP II Resmi Operasikan Terminal Baru Bandara Sultan Thaha

Minggu, 27 Desember 2015 - 16:14 WIB
AP II Resmi Operasikan Terminal Baru Bandara Sultan Thaha
AP II Resmi Operasikan Terminal Baru Bandara Sultan Thaha
A A A
JAMBI - PT Angkasa Pura II (AP II) meresmikan terminal baru di Bandara Sultan Thaha, Jambi yang sekaligus menggantikan terminal sebelumnya. Terminal seluas 12.000 m2 ini disebutkan dapat menampung lebih 2 juta penumpang pertahun. Sementara terminal sebelumnya hanya memiliki kapasitas sebanyak 1,6 juta penumpang.

"Tahun depan kami targetkan jumlah penumpang mencapai 2 juta orang, kami juga tengah mengupayakan untuk menjadi bandara internasional," ucap Direktur Utama Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi usai meresmikan terminal baru di Bandara Sultan Thaha, Jambi, Minggu (27/12/2015).

Dia menambahkan perseroan telah menginvestasikan dana sebesar Rp300 miliar untuk pembangunan terminal baru tersebut. Adapun saat ini, Bandara Sultan Thaha mengoperasikan enam maskapai yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya Air, NAM Air dan Susi Air dengan tujuan ke berbagai kota di Indonesia.

"Terminal Baru Bandara Sultan Thaha ini merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Jambi, khususnya para penumpang pesawat yang berangkat dan tiba di Jambi," imbuhnya.

Masyarakat yang berkesempatan pertama kali untuk merasakan kenyamanan dan berbagai fasilitas terbaru di terminal tersebut adalah penumpang pesawat Garuda Indonesia tujuan Jakarta dengan nomor penerbangan GA 129 dengan keberangkatan pukul 06.00 WIB dan penumpang Lion Air nomor penerbangan JT 607 keberangkatan juga ke Jakarta pukul 06.00 WIB.

Sementara itu, penerbangan yang mendarat perdana di Terminal Baru Sultan Thaha ini adalah Lion Air nomor penerbangan JT 600 dari Jakarta pukul 06.50 WIB dan Garuda Indonesia GA 130 dari Jakarta pada pukul 07.10 WIB.

Terminal Baru Bandara Sultan Thaha ini memiliki sejumlah fasilitas baru guna mewujudkan pelayanan prima diantaranya adalah fix bridge untuk mendukung penggunaan dua garbarata, mesin self check-in, lift, area tenant, VIP Lounge dan lainnya.

"Di sisi udara, fasilitas yang terdapat di bandara ini adalah landas pacu atau runway berukuran 2.000 m x 30 m yang dapat digunakan untuk penerbangan hingga pesawat sekelas Boeing 737-800 NG," tutupnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6213 seconds (0.1#10.140)