Masalah Serius di Sektor Transportasi Darat

Minggu, 27 Desember 2015 - 23:02 WIB
Masalah Serius di Sektor Transportasi Darat
Masalah Serius di Sektor Transportasi Darat
A A A
JAKARTA - Langkah Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mundur dari jabatannya akibat gagal mengatasi kemacetan libur Natal dan Tahun Baru, menunjukkan ada masalah serius pada sektor transportasi darat.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Muhidin M Said, mengatakan kondisi tersebut menunjukkan bahwa masalah transportasi kian pelik dan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah.

"Mundurnya, pejabat Kemenhub berati ada masalah yang serius pada sektor transportasi darat kita. Dan itu beruntun, dari tahun ke tahun. Ini menjadi pekerjaan rumah pemerintah ke depan yang perlu melibatkan banyak pihak," ujarnya, Minggu (27/12/2015).

Menurutnya, masalah kemacetan bukan hanya tanggung jawab Kementerian Perhubungan, namun juga pemerintah daerah, kepolisian, BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta operator jalan tol.

"Yang lain juga harus berkaca dengan kejadian ini bahwa pemerintah kebobolan mengatasi persoalan mudik natal dan tahun baru. Ini harus dievaluasi agar ke depan jangan terulangm" terangnya.

Dia juga mengapresiasi mengapresiasi mundurnya Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Hal itu menunjukkan bahwa pejabat eselon 1 sekelas direktur jenderal tersebut punya beban moral di masyarakat.

Dia menambahkan, pemerintah hanya akan buang-buang tenaga jika tak fokus membenahi masalah transportasi darat. Selama ini, Kemenhub lebih banyak fokus pada masalah transportasi massal di luar sektor angkutan darat. Padahal, sektor angkutan jalan punya beragam masalah.

"Dari sisi anggaran, sektor perhubungan darat masih relatif kecil dibanding sektor lain di Kemenhub. Kemudian dari sisi regulasi, transportasi darat juga lebih banyak bersifat menghimbau, sementara eksekusinya ada di pemerintah daerah atau otoritas lain," pungkasnya.

Baca:
Dirjen Perhubungan Darat Mundur
Alasan Dirjen Perhubungan Darat Mengundurkan Diri
Kadin Apresiasi Dirjen Perhubungan Darat Mengundurkan Diri
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3762 seconds (0.1#10.140)