Dorong KUR, RI Butuh Banyak Bank Penyalur

Sabtu, 09 Januari 2016 - 11:19 WIB
Dorong KUR, RI Butuh Banyak Bank Penyalur
Dorong KUR, RI Butuh Banyak Bank Penyalur
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, awal tahun ini, pemerintah akan gencar dalam menjalankan dan menyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dia menambahkan dengan gencarnya penyaluran KUR ini, maka dibutukan banyak bank penyalur yang bisa menyalurkan hingga menjangkau masyarakat pelosok Indonesia.

"Sudah mulai Januari, kita memang butuh banyak bank penyalur. Supaya bisa menjangkau sampai ke desa-desa. Penyalurannya, KUR itu ada mikro, ada retail, malah kita sedang mendesign ulang ada investasi dan modal kerja. Dua sudah jalan, kalau dua yang investasi dan modal kerja itu belum. Mikro dan retail sudah jalan," jelasnya dalam keterangan, Sabtu (9/1/2015).

Diterangkan juga untuk platfonnya, di mikro sebesar Rp25 juta, retail lebih besar Rp500 juta karena pada retail membutuhkan modal besar untuk membuka toko. "Retail kan sekarang banyak (perusahaannya). Maka banknya sudah diputuskan, memang masih ada yang dipelajari OJK," sambungnya.

Selain bank, menurutnya juga akan ada payment company, perusahaan pembiayaan juga sedang dipelajari oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dalam waktu dekat akan diputuskan yang mana yang akan menyalurkan. "Karena kita sedang mau coba untuk persisnya nanti seperti apa, kriterianya gimana, kira-kira murah tidak," katanya.

Selain itu diterangkan pihaknya meminta juga untuk semua kementerian agar ada UMKM di bawah pembinaannya, seperti misalnya UMKM dibawah naungan Kemenhub, Kementan, Kemenperin agar mulai mengumpulkan list daftar dan akan dimasukkan kedalam sistem informasi.

"Untuk KUR nanti bank yang akan proses dan mengecek. Jadi memang belum tuntas semua, tapi sudah berjalan. Yang belum jalan itu memang sedang kita kembangkan," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5401 seconds (0.1#10.140)