Rupiah Diramal Kembali Perkasa Hari Ini

Kamis, 14 Januari 2016 - 08:24 WIB
Rupiah Diramal Kembali Perkasa Hari Ini
Rupiah Diramal Kembali Perkasa Hari Ini
A A A
JAKARTA - Laju rupiah pada hari ini diperkirakan bangkit menguat, setelah sejak awal pekan kemarin melemah hingga nyaris tembus Rp14.000/USD. Jelang rilisnya data-data ekonomi Indonesia, diprediksi rupiah akan berada di jalur positif.

"Tetapi, perlu juga diwaspadai jika nantinya hasil dari Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI tidak sesuai dengan ekspektasi pasar sehingga dapat kembali melemahkan laju rupiah," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Jelang pengumuman suku bunga Bank Indonesia (BI Rate), Dia memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp13.773-Rp13.850/USD. Menurutnya membaiknya data ekonomi China berhasil membuat dolar Amerika Serikat (USD) melemah terhadap mata uang dunia khususnya di negara berkembang.

Namun, diterangkan olehnya penguatan beberapa mata uang dunia terhadap USD juga merupakan faktor kebijakan pemerintahan dalam negara itu sendiri untuk menstabilkan mata uangnya.

Seperti China melalui Bank Sentral China (PBoC) yang menetapkan batasan yuan terhadap USD, kini pemerintahan Indonesia mengeluarkan satu kebijakan yang membuat pelaku pasar optimis terhadap penguatan rupiah. "Pemerintah melakukan berbagai upaya dalam membantu BI dalam mengendalikan kurs," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7195 seconds (0.1#10.140)