Hadapi MEA, Telkom Garap Pelaku Usaha Kecil

Sabtu, 16 Januari 2016 - 00:27 WIB
Hadapi MEA, Telkom Garap Pelaku Usaha Kecil
Hadapi MEA, Telkom Garap Pelaku Usaha Kecil
A A A
JAKARTA - Era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun ini membuka peluang sekaligus tantangan bagi dunia usaha di Indonesia, khususnya sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Melihat momentum ini, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tidak ingin ketinggalan kesempatan.

Jika sebelumnya, Telkom telah mencanangkan 3 Juta UKM Goes Digital yang menyentuh pelaku usaha mikro, kini perseroan juga menggarap segmen pelaku usaha kecil.

“Segmen usaha kecil hingga saat ini belum ada yang menggarap secara khusus. Selama ini segmen usaha mikro yang paling banyak disentuh. Kini saat yang tepat memberi layanan khusus kepada segmen usaha kecil ini,” ujar Direktur Enterprise & Business Telkom, Muhammad Awaluddin dalam siaran persnya, Jumat (15/1/2016).

Pada 2015, Telkom berhasil mengajak 1.007.076 UKM Goes Digital atau UKM yang memanfaatkan berbagai layanan Information & Communication Technology (ICT). Di mana fokus program (lebih 90%) masih berkutat pada segmen usaha mikro.

“Hari ini, kami memperkenalkan sebuah layanan yang khusus melayani pelaku usaha kecil dengan brand SOBAT-UKM. Untuk mengakses layanan tersebut, kami menyediakan Multi Channel; mulai dari akses nomor khusus 1500249, via website www.sobat-ukm.com yang menyediakan berbagai alternatif chat (webinar, live chat, video call), hingga konsultasi offline,” papar Awaluddin.

Untuk mendukung layanan SOBAT-UKM, Telkom memanfaatkan jasa PT Infomedia Nusantara (perusahaan Telkom Group) yang saat ini memberi layanan Tele-Account Management (TAM). Di mana TAM telah berhasil melayani jasa inbound-outbound dan Social Media Digital Center.

Khusus untuk SOBAT UKM, Telkom menyediakan Dedicated Agent dan Expert yang akan menjawab setiap solusi UKM baik terkait kebutuhan ICT maupun solusi bisnis untuk UKM pada jam kerja (08.00-17.00 WIB).

Awaluddin menambahkan, SOBAT UKM dilengkapi juga Digital Interactive terkait tips berbisnis, solusi permasalahan bisnis, maupun tutorial seputar UKM. Melalui web www.sobat-ukm.com, para pelaku UKM juga dapat mengakses berbakai macam artikel seputar bisnis dan UKM.

Mengingat jumlah segmen pelaku usaha kecil potensial (sekitar 1-2% dari total 57 juta UKM di Indonesia), SOBAT UKM menyasar seluruh kategori industri, seperti manufaktur, hospitality, retail, trading dan kategori industri lainnya.

Berbicara target trafik yang mengakses ke SOBAT-UKM, “Pada tahun 2016 ini, diharapkan mampu mengenerate trafic 2,25 juta selama 2016 (ini termasuk trafik yang dilalui layanan Tele-Account Manager).” pungkas Awaluddin yang turut membuktikan peran TELKOM selaku BUMN Telekomunikasi sebagai Pionir dalam mendukung kemajuan UKM Indonesia melalui berbagai layanan ICT.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7665 seconds (0.1#10.140)