PLN Hemat Rp1,5 T Salurkan Listrik dengan Kapal

Minggu, 17 Januari 2016 - 18:59 WIB
PLN Hemat Rp1,5 T Salurkan Listrik dengan Kapal
PLN Hemat Rp1,5 T Salurkan Listrik dengan Kapal
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) mengklaim pihaknya akan hemat Rp1,5 triliun per tahun dengan menyalurkan listrik menggunakan kapal. PLN belum lama ini meresmikan pengoperasian kapal Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) yang disewa perseroan dari turki.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin mengemukakan bahwa kapal listrik menjadi solusi temporer krisis listrik di berbagai wilayah Indonesia. Sebab, membangun pembangkit listrik membutuhkan sekitar dua tahun untuk bisa selesai dan beroperasi.

Kapal listrik ini dioperasikan di lima wilayah di Indonesia secara mobile atau bergerak terus untuk memenuhi wilayah yang kekurangan pasokan listrik.

"Kapal ini temporary solution, karena bangun pembangkit butuh 4 tahun, PLTG dua tahun, kapal ini sifatnya temporari saat kesulitan," katanya di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (17/1/2016).

Menurutnya, pengoperasian kapal listrik juga jauh lebih murah dibanding dengan menyewa pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD). Biaya sewa kapal sekitar Rp1.800 per kWh sementara menggunakan genset sekira Rp2.300 per kWh.

Ini sudah termasuk biaya penggunaan bahan bakar untuk kapal listrik tersebut.‎ "Jadi ini substitusi, efisiensinya 0,21 per kWh dibandingkan kita sewa sebelumnya 0,75 per kWh," imbuh dia.

Untuk pendistribusiannya, tambah Amir, kapal yang bersandar di pantai akan diperbantukan dengan alat pengait agar kestabilan kapal tetap terjaga. Sebab, kapal yang memproduksi listrik harus tetap stabil dan tidak akan mampu memproduksi kapal jika terjadi guncangan.

"Dari 5 lokasi ada penghematan Rp1,5 triliun per tahun, jadi gini kapalnya mendekati pantai, kita kasih penguatan, dari situ dikasi transmisi 150 kV, jadi gak usah tarik kabel bawah tanah itu merepotkan," pungkasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5758 seconds (0.1#10.140)