Menpan RB Komentari Pengunduran Diri Maroef di Freeport

Selasa, 19 Januari 2016 - 11:41 WIB
Menpan RB Komentari Pengunduran Diri Maroef di Freeport
Menpan RB Komentari Pengunduran Diri Maroef di Freeport
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi menilai mundurnya Maroef Sjamsoeddin dari kursi presiden direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia (PTFI) sebagai bentuk tanggung jawab.

(Baca Juga: Maroef Tinggalkan Freeport, Ada Permainan Tingkat Tinggi)

Dia menerangkan mundurnya Maroef dari pucuk pimpinan Freeport adalah sesuatu yang positif karena sebagai bentuk pengakuan atas tindakannya dalam kasus papa minta saham.

"Orang yang mundur karena dia merasa tanggung jawab atas tugasnya, adalah positif. Ketika melakukan kelasahan, mundur tindakan bagus sebagai rasa bentuk tanggung jawab sebagai pengakuan kesalahan, ini tradisi baik," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Menurutnya, perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut bukan merupakan perusahaan milik negara sehingga adanya pergantian jajaran direksi masih tergolong wajar. "Freeport bukan instansi pemerintah. Mau mundur puluhan kali itu urusan swasta," pungkasnya.

Sebelumnya, presdir PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mengundurkan diri dari jabatannya yang diemban selama satu tahun. Dalam memo yang dikirimkan kepada manajemen Freeport tertanggal 18 Januari 2016, mantan wakil kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini menolak perpanjang‎an masa jabatan yang ditawarkan dari pimpinan Freeport McMoran.

Surat pengajuan pengunduran dirinya ini juga telah diajukannya kepada manajemen perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut. Saat dikonfirmasi Sindonews, Juru Bicara Freeport ‎Riza Pratama mengakui bahwa atasannya tersebut telah mengajukan pengunduran diri dari perusahaan raksasa tambang Paman Sam tersebut.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7337 seconds (0.1#10.140)