Dirut Bank Mandiri Disarankan dari Internal

Selasa, 19 Januari 2016 - 21:25 WIB
Dirut Bank Mandiri Disarankan dari Internal
Dirut Bank Mandiri Disarankan dari Internal
A A A
JAKARTA - Pergantian Direktur Utama Bank Mandiri dinilai harus mendahulukan kalangan internal bank pelat merah tersebut. Pemerintah dinilai sudah selayaknya memberikan prioritas kepada jajaran direktur yang ada karena tantangan perekonomian dan perbankan yang sangat tinggi kedepannya.

Ketua Komisi VI DPR Hafiz Tahir mengingatkan calon pengganti Budi Gunadi Sadikin yang telah habis masa dinasnya sebaiknya dari kalangan internal Bank Mandiri. Namun sejauh ini pihaknya masih belum mendapatkan kabar mengenai penggantian dari pihak pemerintah.

“Lebih baik dari internal saja supaya nyambung kerjanya. Kami belum mendapat kabar soal direksi Mandiri belum atau pemberitahuan lainnya dari pemerintah,” ujar Hafiz saat dihubungi di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Dia menambahkan pihak komisi VI sebagai mitra Kementerian BUMN tetap fokus pada fungsi pengawasan. Sedangkan proses pemilihannya merupakan kewenangan pemerintah. “Kami belum tahu karena itu kewenangan pemerintah dan DPR hanya mengawasi. Tanya kepada pemerintah detailnya. Saya harapkan keputusannya di Februari sudah harus selesai,” ungkapnya.

Pengamat BUMN Watch Naldy Nazar juga menilai pemerintah sebaiknya mencari dulu kandidat dari kalangan internal. Menurutnya pemerintah jangan gegabah mengambil calon dari pihak luar mengingat bisnis perbankan yang kompleks dan penuh tantangan.

“Kita bisa lihat dari jenjang karirnya karena mereka lebih tahu dan tidak perlu orientasi lagi. Prioritaskan dulu dari kalangan internal. Kalau tidak ada baru melakukan fit and proper test dari pihak luar. Siapa saja yang di posisi direktur harus didahulukan. Jangan fokuskan dari luar. Masalahnya kita terlalu sering dengan pendekatan politis,” jelasnya.

Sementara Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengaku dari kalangan internal Bank Mandiri semua siap apabila ditunjuk. Dia menjelaskan program kaderisasi berjalan karena terbukti banyak alumni Bank Mandiri yang menjabat di posisi lainnya. “Lebih detailnya saya tidak bisa komentar. Namun pada dasarnya Bank Mandiri melakukan kaderisasi dan siap apabila ditunjuk,” tutup Rohan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8201 seconds (0.1#10.140)