BEI: Investasi Reksa Dana Mudah dan Murah

Senin, 25 Januari 2016 - 20:32 WIB
BEI: Investasi Reksa Dana Mudah dan Murah
BEI: Investasi Reksa Dana Mudah dan Murah
A A A
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, pemahaman yang harus terus disosialisasikan kepada masyarakat adalah investasi di pasar modal mudah, terencana dan murah, termasuk reksa dana. Sebab, banyak yang menilai rumit, berisiko dan mahal.

Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI Dwi Shara Soekarno mengatakan, salah satu produk di pasar modal adalah reksa dana, dirancang sebagai sarana menghimpun dana masyarakat yang memiliki modal serta mempunyai keinginan berinvestasi. Namun, memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.

"Selain itu, reksa dana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia," ujar dia dalam rilisnya di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 23 Desember 2015, ada 1.083 produk reksa dana yang terdaftar dengan jumlah total Nilai Aktiva Bersih (NAB) sebanyak Rp268,44 triliun dan 181,94 miliar unit penyertaan dari 15 jenis.

Jumlah tersebut naik jika dibanding data akhir 2014 dengan 894 produk reksa dana dan total NAB sebanyak Rp241,57 triliun dari 142,72 miliar unit penyertaan.

Dwi menyampaikan, untuk semakin meningkatkan minat kalangan masyarakat umum untuk berinvestasi di produk reksa dana di Indonesia, BEI, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), bekerjasama dengan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) serta didukung OJK akan menyelenggarakan pesta reksa dana 2016.

Tujuan lain dari penyelenggaraan ini, sebagai sarana peningkatan edukasi pasar modal secara langsung kepada masyarakat dan sarana peningkatan utilitas produk pasar modal. Sehingga, masyarakat dapat membuka rekening reksa dana on the spot selama acara berlangsung.

"Selain itu, diharapkan ke depannya dengan semakin bertambah jumlah pemodal di pasar modal domestik maka akan dapat meningkatkan aktivitas perdagangan di pasar modal. Pameran ini juga akan mengangkat tema 'yuk nabung reksa dana'," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6756 seconds (0.1#10.140)