BI: Ekonomi China Salah Satu Penentu Pertumbuhan RI

Jum'at, 29 Januari 2016 - 17:15 WIB
BI: Ekonomi China Salah Satu Penentu Pertumbuhan RI
BI: Ekonomi China Salah Satu Penentu Pertumbuhan RI
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengemukakan perlambatan ekonomi yang terjadi di China turut menjad‎i salah satu faktor penentu pertumbuhan ekonomi Indonesia (RI) tahun ini. Perlambatan ekonomi Negeri Tirai Bambu banyak memengaruhi kondisi perekonomian di Tanah Air.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menuturkan, pertumbuhan ekonomi China saat ini tengah bergejolak dan membuat harga komoditas terpuruk begitu dalam. Bahkan, harga komoditas di pasar global terjerembab 50% hingga 80% dari sebelumnya.

"Ada isu baru yaitu China‎. Penurunan pertumbuhan ekonomi China telah membuat harga komoditas anjlok 50% sampai 80%. Dan indonesia yang ekspornya lebih dari 50% komoditas, maka ekspor kita juga turun," ujarya di Graha Niaga, Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Menurut Agus, provinsi di Tanah Air yang selama ini menikmati tingginya harga komoditas, sekarang justru mengalami penurunan pertumbuhan. Karena itu, China menjadi hal penting yang patut diwaspadai pada tahun ini.

"Kalau masih lambat, maka harga komoditas akan turun terus. Kalau China stabil, harga komoditi akan lebih stabil dan membuat ekonomi di provinsi-provinsi itu akan kembali naik," imbuhnya.

Dia memperkirakan, perlambatan pertumbuhan ekonomi China akan kembali membaik pada semester II/2016. Perbaikan tersebut, diharapkan harga komoditas akan balik menguat.

"‎Kalau bisa recover, maka akan ada recover di harga komoditas. Itu yang menjadi basis penghitungan dan estimasi kita terhadap pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di 2016 ini," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6756 seconds (0.1#10.140)