Bappenas: Kereta Cepat Proyek Jangka Panjang

Sabtu, 06 Februari 2016 - 00:38 WIB
Bappenas: Kereta Cepat Proyek Jangka Panjang
Bappenas: Kereta Cepat Proyek Jangka Panjang
A A A
JAKARTA - Kementerian PPN/Bappenas menyatakan, Indonesia butuh kereta cepat sebagai moda transportasi alternatif meskipun banyak terjadi perdebatan. Visi jangka panjang menjadi alasan dalam membangun proyek tersebut.

Menteri PPN/Bappenas Sofyan Djalil menjelaskan, kereta cepat tidak hanya diperlukan dari Jakarta sampai Bandung namun jika bisa hingga Surabaya. "Bangsa kita ini memang membutuhkan. Kita harus melihat visi jangka panjang jangan cuma melihat jangka pendek karena banyak orang mempertanyakan bikin kereta cepat, padahal tol sudah ada," ujarnya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Sofyan menerangkan, Indonesia butuh kereta cepat puluhan tahun mendatang. Sebab, pulau Jawa akan menjadi semakin padat sehingga kebutuhan transportasi tidak terhindarkan.

Baca: Gawat! Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rawan Gempa

"Kamu bayangkan 30 tahun sampai 50 tahun yang akan datang, Jawa ini akan menjadi kota pulau. Jakarta-Bandung dalam perspektif ini kita harus lihat, kalau orang memperdebatkan aspek keselamatan itu memang perlu," katanya.

Menurut Sofyan, kota di Jawa ke depan akan saling menyambung menjadi satu. Saat itu, diperlukan kebutuhan moda transportasi yang efisien menghubungkan antar wilayah.

Baca: Persyaratan Usia 100 Kereta Cepat Tak Bisa Ditawar

"Semua kota itu akan tersambung menyambung menjadi satu. Nah, saat itu kita memerlukan kereta cepat bukan hanya satu (transportasi). Mungkin dua, mungkin tiga dalam perspektif seperti itu. Tapi sekarang orang melihat hari ini menjadi perdebatan, itu saya pikir begitu," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4271 seconds (0.1#10.140)