Jokowi Tak Harus Tahu Calon Dirut Bank Mandiri Baru

Sabtu, 20 Februari 2016 - 00:01 WIB
Jokowi Tak Harus Tahu Calon Dirut Bank Mandiri Baru
Jokowi Tak Harus Tahu Calon Dirut Bank Mandiri Baru
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dikabarkan akan menyerahkan nama calon direktur utama (dirut) PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dalam waktu dekat ini. Komisaris Independen Bank Mandiri Aviliani mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak harus mengetahui hal tersebut.

Menurutnya, penunjukkan nama calon dirut perusahaan dari Kementerian BUMN tidak harus sampai ke telinga Jokowi karena bukan ranah presiden. Semestinya dua orang menteri dalam pemerintahannya lah yang mengetahui hal tersebut.

"Kata siapa bilang harus sampai (ke Jokowi)? Ya, Kementerian BUMN. Jadi kan gini, pemegang saham itu Kemenkeu, kalau BUMN pemegang kuasa. Jadi paling enggak, Pak Bambang Brodjonegoro dan Ibu Rini Soemarno mestinya yang tahu," ujarnya di kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Baca: Calon Dirut Bank Mandiri Ditunjuk Menit-menit Terakhir Jelang RUPS

Dia sendiri belum bisa mengemukakan lebih jauh ada peran Jokowi atau tidak di balik penunjukkan calon dirut Bank Mandiri. Namun, mantan walikota Solo tersebut dinilainya perlu tahu jika menginginkannya.

"Enggak tahu ah (ada peran Jokowi), tanya saja sama Ibu Rini. Bukan enggak perlu tahu tapi kalau mau tahu boleh saja, kan namanya presiden," tandasnya.

Sebelumnya, Aviliani memandang kader dari dalam memiliki potensi bagus untuk bisa memimpin perusahaan ke depan. "Kita sih berharap dari internal agar ada kesinambungan kebijakan. Kalau dari luar penggantinya, kita membutuhkan sustain ablility," katanya.

(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5308 seconds (0.1#10.140)