Pertamina Bersiap Luncurkan Solar Jenis Baru

Senin, 22 Februari 2016 - 20:45 WIB
Pertamina Bersiap Luncurkan...
Pertamina Bersiap Luncurkan Solar Jenis Baru
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) dalam waktu dekat akan mengeluarkan varian Bahan Bakar Minyak (BBM) baru untuk Jenis solar. Sebelumnya Perseroan yang dipimpin oleh Dwi Soetjipto tersebut telah mengeluarkan BBM varian baru dengan RON 90 bernama Pertalite.

(Baca Juga: Pertamina Prediksi Harga Premium-Solar Turun Lagi di Bulan April)

General Manager MOR III Pertamina, Afandi mengatakan varian solar baru tersebut memiliki kandungan sulfur‎ yang lebih rendah dari solar non subsidi yakni Pertamina Dex (solar non subsidi) yang memiliki kandungan sulfur 3500 ppm dan lebih tinggi dari solar subsidi (biosolar) yang memiliki kandungan sulfur 300 ppm.

"Sekarang kita punya Pertamina Dex dan solar subsudi, ya diantara itu (kandungan sulfurnya," jelasnya, di Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Senin (22/2/2016).

Dia menambahkan rencana pengeluaran solar jenis baru ini tidak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan dan pilihan kepada konsumen. Hal ini lantaran di Indonesia saat ini hanya ada dua jenis solar yakni Pertamina DEX untuk mesin diesel dan solar subsidi, sementara di Pasar Internasional ada beragam jenis solar.

‎"Karena ada pasar yang menghendaki kapasitas seperti itu, di internasional solar banyak gradenya, tapi di Indonesia dex yang terbaik," sambungnya.

Menurutnya, solar varian baru tersebut nantinya akan masuk dalam kategori BBM non subsidi. ‎Namun ketika ditanya waktu peluncuran dan harga, dia belum bisa menyebutkan. "Nanti saja, belum.‎ Tunggu saja (informasi resmi peluncuran solar baru)," tutupnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9289 seconds (0.1#10.140)