Industri Kedapatan Masih Gunakan Elpiji 3 Kg

Kamis, 25 Februari 2016 - 19:01 WIB
Industri Kedapatan Masih...
Industri Kedapatan Masih Gunakan Elpiji 3 Kg
A A A
PEKALONGAN - Sektor Industri masih kedapatan menggunakan gas LPG ukuran 3 kilogram yang sebenarnya hanya diperuntukkan untuk rumah tangga. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Walikota Pekalongan, Saelany Machfud, saat melakukan sidak di SPBE Karya Niagara Mas Kelurahan Gamer, Kota Pekalongan.

Dia menerangkan baru mengetahui adanya industri di Kota Pekalongan yang menggunakan tabung gas LPG ukuran 3 kilogram. Padahal tabung gas LPG ukuran 3 kilogram tersebut peruntukannya bagi warga kurang mampu. "Saya baru tahu dari Pertamina, bahwa ternyata ada industri yang menggunakan LPG 3 kg. Padahal ini kan tidak boleh," jelasnya, Kamis (25/2/2016).

Pihaknya mengaku akan melakukan identifikasi terkait hal itu. Bahkan, dia menekankan bakal memperingatkan usaha kecil menengah (UKM) maupun industri besar yang nekat menggunakan gas LPG ukuran 3 kilogram.

"Nanti kami akan melakukan pendekatan secara persuasif kepada industri tersebut, untuk tidak menggunakan LPG 3Kg. Sebab, LPG ukuran 3 kg hanya diperuntukan bagi warga kurang mampu. Pembinaan dululah, semua kan warga Pekalongan, barangkali juga saya dipilih oleh mereka juga, oleh sebab itu dengan cara pembinaan," ujarnya.

Sementara itu Kabag Perekonomian Kota Pekalongan, Setyo Susilo, mengatakan, usaha mikro yang bisa menggunakan LPG 3 kg yakni yang asetnya Rp 50 juta. Nilai aset itu diluar tanah dan bangunan. "Dan omsetnya maksimal Rp 300juta, dibawah itu bisa (menggunakan LPG 3 kg). Diatas itu tidak boleh gunakan LPG 3 kg, dan harus menggunakan non subsidi," jelasnya

Sales Representative Gas Dommestik (Gasdom) Regional IV Pertamina Jateng, Zia Ardhi, mengatakan, kuota LPG ukuran 3 kilogram untuk Kota Pekalongan tahun 2016 mencapai 4.217.000 tabung. Jumlahnya naik sekitar 15 persen dibanding tahun sebelumnya. "Selama tidak ada hal teknis seperti bencana alam, kuota itu cukup," ujarnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0886 seconds (0.1#10.140)