Waspada, Indonesia Incaran Negara ASEAN di MEA

Minggu, 28 Februari 2016 - 15:10 WIB
Waspada, Indonesia Incaran Negara ASEAN di MEA
Waspada, Indonesia Incaran Negara ASEAN di MEA
A A A
JAKARTA - Wardour and Oxford mengungkapkan, Indonesia bakal menjadi incaran negara-negara anggota ASEAN di pasar bebas MEA. Alasannya, karena Indonesia merupakan pasar potensial yang menguntungkan.

CEO Wardour and Oxford Wempy Dyocta Koto mengingatkan pemerintah dampak negatif pemberlakuan MEA yang dimungkinkan dapat menimpa Indonesia. Jik memasuki pasar Tanah Air, sama artinya mereka menguasai setengah pasar potensial di ASEAN.

“Indonesia merupakan negara incaran tujuan ekspor. Beberapa upaya sedang dilakukan negara-negara anggota ASEAN untuk mengoptimalkan pasar Indonesia," ujarnya, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (28/2/2016).

Contohnya, kata Wempy, hampir semua negara anggota ASEAN telah membuka institusi akademi yang mengajarkan bahasa Indonesia. Upaya ini dinilainya merupakan bentuk investasi jangka panjang untuk mempermudah produk mereka masuk ke sini.

Namun, lanjut Wempy, sebagian kalangan tetap optimistis Indonesia bisa mendapatkan keuntungan dari 625 juta populasi ASEAN sebagai target pasar ekspor. Kendati demikian, peluang itu tidak mudah untuk diwujudkan.

Dia menjelaskan setiap anggota ASEAN mempunyai regulasi perdagangan yang berbeda, terutama dalam hal tarif dan pembatasan komoditas tertentu. Artinya, Indonesia harus berjuang dengan kompleksitas sistem perdagangan di negara tersebut.

“Nah sebaliknya, negara lain di wilayah ini hanya perlu membangun kerja sama perdagangan dengan Indonesia tanpa harus membuat kesepakatan dengan regulasi perdagangan yang berbeda. Inilah kelemahan Indonesia dalam hal regulasi perdagangan internasional," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7250 seconds (0.1#10.140)