Tipe Rumah Ini Idaman Pasangan Baru Menikah

Kamis, 03 Maret 2016 - 14:56 WIB
Tipe Rumah Ini Idaman Pasangan Baru Menikah
Tipe Rumah Ini Idaman Pasangan Baru Menikah
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan, rumah tipe 21 dan 36 yang saat ini menjadi dambaan pasangan baru menikah, harus didorong. Salah satunya dengan bantuan perbankan agar masyarakat mudah menjangkau.

Bambang menceritakan, ketika dia masih sekolah di tingkat menengah atas, rumah tipe ini sangat populer. Bahkan, sejak dulu PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sudah identik dengan rumah sederhana.

"Kalau ingat BTN, rumah sederhana identik dengan KPR BTN. Waktu saya SMA, kalau ingat BTN ingatnya rumah tipe 21 atau 36. Ini perlu didorong, biasanya dicari sama pasangan yang baru menikah," kata dia di Jakarta, Kamis (3/3/2016).

Menkeu menuturkan, permasalahannya sejak dulu yaitu belum ada upaya serius untuk memastikan ketersediaan rumah. "Kami ingin masyarakat punya akses dapat tempat tinggal, bisa sewa atau ngontrak, yang penting ada rumahnya. Maka harus ada rusunnya, dan itu harus disediakan pemerintah serta ada skema subsidi," ujarnya.

Maka, lanjut Bambang, penyediaan rumah menjadi hal yang tidak sederhana. Namun, baru-baru ini pemerintah sedang mencoba lebih fokus pada program sejuta rumah. Program ini difokuskan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Kemarin sudah ada Tapera yang tujuannya menambah sumber pembiayaan untuk pembiayaan masyarakat berpenghasilan rendah. Tinggal bagaimana merealisasikannya," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4197 seconds (0.1#10.140)