alexametrics

Menaker: Masuk MEA Jumlah Tenaga Kerja Asing Turun

loading...
A+ A-
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengemukakan, kekhawatiran penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mulai berlaku pada tahun ini belum begitu dirasakan. Bahkan, jumlah tenaga kerja asing (TKA) cenderung turun.

Kementerian Ketenagakerjaan mencatat jumlah TKA yang masuk dan bekerja di Indonesia berdasarkan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) per akhir Februari 2016 sebanyak 5.339 orang

Data TKA tersebut terdiri dari periode Januari sebanyak 2.067 orang untuk TKA yang bekerja lebih dari 6 bulan, dan 516 orang untuk TKA yang bekerja di bawah 6 bulan, sementara pada Februari sebanyak 2.303 orang (lebih dari 6 bulan) dan 453 orang (di bawah 6 bulan).



“Jumlah TKA yang bekerja di Indonesia masih dalam taraf wajar dan terkendali. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini terjadi kecenderungan penurunan jumlah TKA per tahun. Jadi pasca-pemberlakuan MEA, jumlah TKA yang masuk ke Indonesia terlihat turun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya,“ kata Hanif, dalam diskusi di GP Ansor di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Berdasarkan data IMTA, pada periode Januari 2015 tercatat sebanyak 4.761 orang untuk TKA yang bekerja lebih dari 6 bulan dan 2.604 orang untuk TKA yang bekerja di bawah 6 bulan. Sementara pada Februari sebanyak 2.898 orang (lebih dari 6 bulan) dan 1.871 orang (di bawah 6 bulan).
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top