Cegah Abrasi, Pertamina Tanam 25.000 Mangrove di Sorong

Kamis, 24 Maret 2016 - 18:59 WIB
Cegah Abrasi, Pertamina Tanam 25.000 Mangrove di Sorong
Cegah Abrasi, Pertamina Tanam 25.000 Mangrove di Sorong
A A A
SORONG - Pertamina Refinery Unit VII Kasim/Sorong menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan menanam 25.000 pohon mangrove di kawasan Dermaga 1 dan 2 Refinery Unit VII-Kasim/Sorong, Kampung Klayas, Kecamatan Seget, Sorong, Papua Barat.

Secara simbolis penanaman mangrove dilakukan oleh Wakil Bupati Sorong Suka Hardjono dan General Manager Pertamina Refinery Unit VII-Kasim/Sorong I Gusti Bagus Prihanta, serta dihadiri jajaran Muspida dan Muspika Sorong. Tidak ketinggalan, para pekerja Pertamina Refinery Unit VII-Kasim/Sorong dan warga Kampung Klayas yang merupakan area ring 1 RU VII-Kasim/Sorong turut meramaikan acara ini.

Penanaman 25.000 pohon mangrove ini ditujukan untuk mencegah dan memperlambat terjadinya abrasi di sekitar Dermaga 1 dan 2 Pertamina Refinery Unit VII-Kasim/Sorong yang tepatnya berlokasi di Kampung Klayas.

”Selain untuk memperlambat dampak pengikisan tepi laut dari hempasan ombak, kawasan ekosistem mangrove berpotensi menjadi habitat bagi biota yang ada di laut. Ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina terhadap pelestarian lingkungan sekitar,” jelas I Gusti dalam acara tersebut, Selasa, 22 Maret 2016.

Penanaman pohon mangrove bukanlah hal yang baru bagi Pertamina. Dengan melibatkan masyarakat, Pertamina telah membina dan mengembangkan kawasan konservasi mangrove di berbagai wilayah, di antaranya Muara Ujung, Tangerang, Banten; Karangsong, Balongan, Indramayu; dan Kampung Wanasari, Denpasar, Bali.

”Penanaman pohon mangrove ini dilakukan secara bertahap. Tahap pertama akan ditanam sebanyak 10.000 pohon. Sedangkan tahap kedua akan ditanam sisanya sebanyak 15.000 pohon yang saat ini masih dalam pembibitan,” tambahnya.

Selain penanaman 25.000 pohon mangrove, dalam kesempatan tersebut Pertamina Refinery Unit VII-Kasim/Sorong juga membagikan 80 paket sembako. Tujuannya membantu meringankan beban ekonomi warga Kampung Klayas.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6254 seconds (0.1#10.140)