Bentuk INACEB, Menpar Optimistis Menangkan Persaingan di Industri MICE

Senin, 28 Maret 2016 - 11:20 WIB
Bentuk INACEB, Menpar...
Bentuk INACEB, Menpar Optimistis Menangkan Persaingan di Industri MICE
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya akan meresmikan pembentukan Indonesia Convention and Exhibition Bereau (INACEB), yang menjadi wadah bagi para pelaku industri meetings, incentives, conferences, dan exhibitions (MICE) untuk meningkatkan daya saing. Biro tersebut diharapkan membuat Indonesia menang dalam persaingan dengan negara lain di industri MICE.

Dia menuturkan, untuk bersaing di industri MICE strateginya bukanlah antar satu hotel dengan hotel lain, melainkan antar negara. Sebab itu, jika ingin memenangkan persaingan di industri MICE, maka negara yang harus maju memperebutkan hal tersebut.

"Antar Indonesia melawan Thailand, melawan Malaysia, melawan Singapura. Oleh karena itu, jika kita ingin memenangkan persaingan di MICE, maka negara yang harus maju. Terutama bidingnya. Ujungnya kita harus memenangkan biding. Bagaimana memenangkan biding ya harus negara," ujarnya, dalam acara Good Morning Indonesia Spesial 10 Tahun MNC News di Auditorium Gedung Sindo, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Menurut Arief, dengan membentuk biro khusus industri MICE Indonesia dipastikan akan memenangkan persaingan. Pasalnya, Indonesia menawarkan paket yang tidak dimiliki negara lain.

"Misalnya kita buat package di Bali. Kita bisa tawarkan, kalau Anda datang di hotel menggunakan BNDCC (Bali Nusa Dua Convention Center) maka Anda mendapatkan semua fasilitas yang ada di Bali. Itu yang tidak dimiliki negara lain. Misalkan kita adakan di Jakarta, sama. Anda datang ke Jakarta akan dapat seluruh Jakarta dan sekitarnya. Ini yang saya bilang package," terangnya.

Mantan Dirut PT Telkom (Persero) ini menuturkan, strategi tersebut merupakan marketing gimmick agar banyak wisatawan yang tertarik untuk menggunakannya. Sebab, dengan paket tersebut maka wisatawan akan merasa terjamin dengan perjalanannya.

"Meskipun kita paham kan, orang kalau mengadakan MICE di BNDCC misalnya, dia enggak akan jalan-jalan ke seluruh Bali. Tapi orang itu selalu berandai-andai, misalkan kita di telekomunikasi. Oh kalau kamu beli paket telkomsel misalnya, enggak akan digunakan semua. Tapi dia sudah merasa secure," tutur Arief.

Nantinya, lanjut dia, INACEB akan berdiri secara independen. Sementara Kemenpar akan memfasilitasi dan mendukung kegiatan yang dikerjakan biro tersebut.

"Dengan strategi seperti ini, maju atas nama Indonesia Incorporated, diharapkan kita akan menang. Saya harapkan INACEB ini yang akan mewakili kita nanti. Karena di seluruh negara punya, biro untuk MICE itu dia punya. Dan, sekarang kita untuk pertama kalinya punya INACEB," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0797 seconds (0.1#10.140)