Menpar Ungkap Persentase Wisatawan Lokal Tak Kalah dengan Asing

Senin, 28 Maret 2016 - 12:56 WIB
Menpar Ungkap Persentase Wisatawan Lokal Tak Kalah dengan Asing
Menpar Ungkap Persentase Wisatawan Lokal Tak Kalah dengan Asing
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya membantah kabar yang menyebutkan bahwa persentase orang Indonesia yang melancong ke luar negeri lebih banyak, dibanding orang asing yang melancong ke Tanah Air. Sebab, saat ini jumlah wisatawan domestik yang berlibur ke daerah-daerah di Indonesia tidak kalah besarnya dibanding wisatawan mancanegara (wisman).

(Baca Juga: Indonesia Targetkan Masuk Ranking 30 Besar Pariwisata Dunia)

Dia menyebutkan, angka wisatawan nusantara yang melancong di dalam negeri pada tahun lalu saja sudah mencapai 255 juta perjalanan. Jumlah tersebut dinilai cukup besar dan sangat menguntungkan bagi negara.

"Enggak benar (orang Indonesia gemar melancong ke luar negeri). Angka wisatawan nusantara sudah 255 juta perjalanan di 2015. Sangat besar dan menguntungkan. Domestic market kita kuat," katanya dalam acara Good Morning Indonesia spesial 10 Tahun MNC News di Gedung Sindo, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Kendati demikian, mantan Dirut PT Telkom (Persero) ini mengakui wisatawan domestik masih cukup berat jika ingin melancong ke daerah yang relatif jauh, seperti Raja Ampat, Papua. Sebab, ongkos untuk menyusuri daerah tersebut masih cukup mahal.

Karena itu, dengan dibangunnya bandar udara baru di Sorong, diharapkan pesawat dengan kapasitas lebih tinggi dapat masuk ke wilayah tersebut. Sehingga, harga tiket pesawat dapat lebih murah.

"Untuk daerah yang relatif jauh misalnya Raja Ampat memang mahal, bangun bandara baru di Sorong, diharapkan pesawat dengan kapasitas lebih tinggi bisa mendarat disana, sehingga harga tiket bisa lebih murah lagi," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5861 seconds (0.1#10.140)