PLN Kerahkan Genset Tambahan ke Nias

Selasa, 05 April 2016 - 21:40 WIB
PLN Kerahkan Genset Tambahan ke Nias
PLN Kerahkan Genset Tambahan ke Nias
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengerahkan genset tambahan guna mengatasi pemadaman listrik di ‎Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Manajer Senior Public Relation PLN, Agung Murdifi mengatakan genset tambahan berkapasitas 4,7 megawatt (MW) dikerahkan dari Jakarta melalui pesawat udara.

Menurut Agung, sebelumnya pada Sabtu (2/4), PLN telah mendatangkan 17 genset berkapasitas 650 kilovolt ampere (kVa) dari Sumatera Utara untuk mengatasi krisis listrik di Nias.

Sejumlah 17 genset itu diantaranya diambil dari Sibolga 6x50 kVa, Binjai 3x100 kVa, Pematang Siantar 1x100 kVa, Padang Sidempuan 2x100 kVa dan 50 kVa, Medan 1x100 kVa, Lubuk Pakam 1x100 kVa, Rantau Prapat 1x100 kVa dan tujuh genset berkapasitas 600 kVa telah terpasang.

"Genset tambahan dari Jakarta di kirim hari ini (kemarin) untuk melistriki sejumlah perumahan, sedangkan 17 genset sebelumnya untuk melistriki tempat pelayanan masyarakat," ‎kata dia, di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Menurut dia, genset tambahan tidak hanya dikerahkan dari Jakarta saja, melainkan akan di datangkan dari Riau dan Medan. Adapun masing-masing genset berkapasitas 100-400 MW‎ dan akan tiba di Nias dijadwalkan hari ini melalui jalan darat.

Selain itu, lanjutnya, tambahan genset juga dikerahkan dari Sumatera Bara‎t sebanyak 4 unit genset masing-masing berkapasitas 100 kilowatt (KW). "Segala upaya telah dikerahkan untuk mengatasi pemadaman jangka pendek di Nias. Kami juga menambah tenaga operator tambahan untuk mengoperasikan seluruh genset. Kami mohon masyarakat bersabar," ucapnya.

Adapun langkah jangka menengah untuk mengatasi krisis listrik di Nias, PLN akan melakukan pembelian mesin genset berkapasitas 10 MW dan membangun PLTMG berkapasitas 25 MW. "Lokasi PLTG sudah tersedia di samping pembangkit diesel dengan rencana operasi Agustus 2016.”

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said meminta PLN segera menyelesaikan krisis listrik di Nias. Sudirman mengatakan PLN di minta berkoordinasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait jika terjadi kendala.

Sudirman juga mengingatkan bahwa krisis listrik di Nias semakin menyadarkan adanya subsidi yang tidak tepat sasaran. Karena itu harus digeser menjadi subsidi tepat sasaran untuk melistriki daerah yang masih kekurangan pasokan listrik.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Sumatera, Amir Rosidin berjanji merampungkan krisis listrik di Nias pekan ini. ‎"Lima hari ke depan listrik di Nias kembali normal," katanya.

Sebelumnya pemadaman listrik di Nias disebabkan dua PLTD Sewa 2x10 MW diputus secara sepihak oleh pemilik mesin. Pembangkit listrk tersebut di sewa PLN dari America Power Rental Indonesia dan PT Kutilang Paksi Mas di Gunungsitoli.

Namun karena masa kontrak kerja sama telah selesai, mereka melakukan pemutusan. PLN menyesalkan terjadi pemutusan sepihak dari kontraktor, padahal PLN telah melakukan jual beli listrik sesuai aturan kontrak yang berlaku.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4410 seconds (0.1#10.140)