Dorong Potensi Daerah, Jokowi Kebut Program Tol Laut

Rabu, 06 April 2016 - 09:57 WIB
Dorong Potensi Daerah, Jokowi Kebut Program Tol Laut
Dorong Potensi Daerah, Jokowi Kebut Program Tol Laut
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendesak tol laut agar segera diwujudkan demi membangun potensi ekonomi daerah terlebih untuk tempat-tempat terpencil. Pernyataan ini disampaikan oleh Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana yang menerangkan tol laut sangat penting sebagai penghubung antar daerah.

Dia menambahkan tanpa pelabuhan, potensi suatu daerah tidak akan dikenal dan tidak mampu menopang ekonomi masyarakat setempat karena tidak adanya kapal yang mengangkut penumpang dan barang yang singgah di daerah itu. Sehingga harga barang menjadi tinggi karena belum adanya konektivitas antar daerah.

"Oleh karenanya, Presiden Joko Widodo selalu mengingatkan pentingnya Tol Laut, yakni membangun transportasi laut dengan kapal atau sistem logistik kelautan, yang melayani tanpa henti dari Sabang sampai Merauke," jelas dia melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Lanjut dia untuk merealisasikan percepatan program tol laut, Presiden Jokowi akan meresmikan lima pelabuhan, yakni Pelabuhan Tobelo, Pelabuhan Galela, Pelabuhan Tutu Kembong, Pelabuhan Wonreli dan Pelabuhan Pulau Teor.

Peresmian itu menurutnya dilakukan pada kunjungan ketiga Jokowi yang di dampingi Ibu negara, Iriana Joko Widodo dan rombongan di Indonesia Timur. "Peresmian kelima pelabuhan itu dipusatkan di Pelabuhan Tobelo di Kabupaten Halmahera Utara," tandasnya.

Selain meresmikan lima pelabuhan, di Halmahera Utara, Jokowi juga dijadwalkan akan menyerahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Beras Sejahtera di Kecamatan Galela.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3565 seconds (0.1#10.140)