Ditjen Pajak Klaim Ada Kesamaan Data Pemerintah dan Panama Papers

Rabu, 06 April 2016 - 21:38 WIB
Ditjen Pajak Klaim Ada Kesamaan Data Pemerintah dan Panama Papers
Ditjen Pajak Klaim Ada Kesamaan Data Pemerintah dan Panama Papers
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mengklaim bahwa bisa saja terjadi kesamaan data antara milik mereka dengan milik Panama Papers. Meski, lanjut Ditjen Pajak, kemungkinannya kecil.

“Bisa saja ada kesamaan datanya. Meskipun ada tapi kemungkinannya kecil,” kata Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Ken menambahkan, bahwa data wajib pajak yang dia peroleh adalah data yang dia dapat lebih dulu dari otoritas pajak yang resmi dan diakui di dunia.

“Saya sudah punya data ini lebih dulu dari otoritas pajak yang resmi. Dari G20 saya sudah punya. Ini kan cuma nama (Panama Papers), kalau saya kan punya nama dan akunnya,” sambung dia.

(Baca: Istana Sebut WNI Dalam Panama Papers Lebih Banyak)

Meski demikian, Ken menegaskan pihaknya masih terus meneliti dan mengklaim bahwa datanya lebih banyak dari yang tertera di Panama Papers. Dan meski ada yang cocok, namun ia menolak untuk menyebutkan.

Dokumen Panama Papers menyeruak pada Minggu (3/6/2016), dan mengguncang banyak negara, termasuk Indonesia. Dokumen itu meliputi data transaksi rahasia keuangan dan skandal keuangan global dari politikus dunia, pengusaha, selebritas, bintang olahraga, sampai bandar narkoba.

Terdapat 2.961 nama individu ataupun perusahaan yang muncul, saat kata kunci "Indonesia" dimasukkan. Selain itu, pada laman yang sama pun muncul 2.400 alamat di Indonesia yang terdata dalam kolom "Listed Addresses".
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5859 seconds (0.1#10.140)