Pembangunan Jaringan Gas Akan Hilangkan Elpiji

Jum'at, 08 April 2016 - 10:24 WIB
Pembangunan Jaringan Gas Akan Hilangkan Elpiji
Pembangunan Jaringan Gas Akan Hilangkan Elpiji
A A A
JAKARTA - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar membangun jaringan gas rumah tangga (jargas) di Indonesia. Jika sudah terbangun penuh dalam satu wilayah, maka akan menghilangkan penggunaan elpiji.

Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mencontohkan, pembangunan jargas di Prabumulih diperkirakan mencapai 90% tahun depan. Sehingga, elpiji sudah tidak diperlukan lagi.

"Belum, jalan terus saja, biar natural saja nanti berkurangnya. Kalau elpiji dicabut, enggak, pengalihan saja. Misalnya Prabumulih tahun depan 90% sudah jargas maka elpiji akan hilang, otomatis subsidi berkurang," ujarnya di Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Wirat mengatakan, pembangunan jargas terus berjalan. Namun, hasilnya belum terasa saat ini karena jumlah rumah tangga yang dialiri masih sedikit. "Sudah jalan terus kan, karena begitu jargas terbangun elpiji di sana berkurang. Nah itu yang bergerak terus cuma sekarang belum terasa, kalau sudah ratusan ribu rumah tangga terasa," kata dia.

Sementara, anggaran untuk membangun jargas dari APBN sebesar Rp1,3 triliun tahun ini dan Rp3 triliun tahun depan. ESDM akan mengusulkan anggaran tersebut ke DPR. "Investasi APBN untuk jargas tahun ini Rp1,3 triliun, tahun depan kalau 200 ribu rumah tangga sekitar Rp3 triliun lebih kita usulkan. Kita usulkan dari Kementerian ESDM ke Komisi VII untuk disetujui," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3590 seconds (0.1#10.140)