PLTD Moawo Beroperasi, Nias Kembali Terang

Rabu, 13 April 2016 - 23:50 WIB
PLTD Moawo Beroperasi, Nias Kembali Terang
PLTD Moawo Beroperasi, Nias Kembali Terang
A A A
MEDAN - Sepekan belakangan mengalami krisis listrik, pasokan listrik di Nias kembali handal setelah tujuh unit mesin PLTD Moawo kembali beroperasi. Pembangkit listrik tenaga diesel ini menghasilkan daya 10,5 MW (megawatt), sehingga menerangi wilayah Gunung Sitoli, Nias Utara dan sebagian Nias Barat yang sebelumnya mengalami pemadaman.

Lampu di pertokoan, warung-warung penjual makanan, dan rumah-rumah penduduk sudah menyala. Begitu pula lampu penerangan jalan umum di Gunung Sitoli.

"Secara bertahap mesin-mesin PLTD sewa kita operasikan kembali. Malam ini PLTD Moawo sudah menyala. Selanjutnya PLTD Idanoi untuk melistriki sebagian Nias yang belum menyala," kata Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi, di Medan, Rabu (13/4/2016).

Menurut dia, PLTD Moawo beroperasi kembali setelah APR, penyedia sewa PLTD, mendatangkan delapan teknisinya untuk mengoperasikan mesin PLTD.

Kepastian beroperasinya kembali PLTD Nias diperoleh setelah terjadinya kesepakatan antara PLN dengan APR (American Power Rent), perusahaan penyedia sewa PLTD, tentang penyelesaian masalah kontrak sewa PLTD Kualanamu dan Tanjung Morawa. Kesepakatan ini dimediasi oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

"Pasca kesepakatan tersebut, APR secara berturut-turut mulai hari ini mengirimkan para teknisinya untuk mengoperasikan dua PLTD yang berada di Indanoi dan Moawo," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4091 seconds (0.1#10.140)