Ewindo Kerja Sama Indofood Tingkatkan Produktivitas Petani Kentang

Selasa, 26 April 2016 - 01:38 WIB
Ewindo Kerja Sama Indofood Tingkatkan Produktivitas Petani Kentang
Ewindo Kerja Sama Indofood Tingkatkan Produktivitas Petani Kentang
A A A
JAKARTA - PT East West Seed Indonesia (Ewindo), produsen benih sayuran hibrida berencana mengembangkan benih kentang berkualitas menggunakan teknologi tinggi untuk menghasilkan tanaman yang tahan penyakit dan hasil lebih banyak. Untuk menunjang hal itu, Ewindo menjalin kerja sama dengan Indofood (Salim Group) dalam meningkatkan produktivitas petani kentang.

"Kendala budidaya kentang yang dihadapi petani selama ini adalah ketersediaan benih berkualitas. Dengan pemanfaatan teknologi tinggi, riset, dan pengembangan diharapkan menghasilkan benih yang dapat membantu petani," kata Presiden Direktur Ewindo, Glenn Pardede di Jakarta Senin (25/4).

Glenn berharap melalui beni kentang berkualitas ini diharapkan akan dapat meningkatkan produktivitas petani hingga mencapai 25 ton per hektare atau dua kali lipat rata-rata produktivitas petani kentang saat ini.

Dia menyebutkan kebutuhan bibit kentang nasional saat ini mencapai 300.000 ton per tahun dengan nilai sekitar Rp3 triliun.

Ewindo sendiri telah berkerja sama dengan Enza Saden, perusahaan Belanda berbasis teknologi yang bergerak di bidang riset benih sayuran hibrida untuk mengembangkan benih kentang berkualitas. Kerja sama juga dilakukan dengan Salim Group dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani kentang.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Salim Group), Paulus Moleonoto mengatakan, melalui kerja sama ini diharapkan dapat memberdayakan petani dengan teknologi yang lebih baik, produktivitas yang lebih tinggi dan pasar yang stabil. Sebagai tahap awal, investasi yang disiapkan untuk kerja sama antara Ewindo dan Salim Group ini sebesar USD10 juta.

"Dengan membaiknya produktivitas petani kentang diharapkan harga kentang segar menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat dan pada nantinya akan menjadi alternatif sumber pangan nasional Indonesia yang lebih baik," kata Glenn.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6848 seconds (0.1#10.140)