HT: Kekuatan Ekonomi Harus Ditopang Mayoritas Masyarakat

Kamis, 12 Mei 2016 - 06:34 WIB
HT: Kekuatan Ekonomi Harus Ditopang Mayoritas Masyarakat
HT: Kekuatan Ekonomi Harus Ditopang Mayoritas Masyarakat
A A A
JAKARTA - Indonesia membutuhkan lebih banyak penggerak ekonomi agar lebih cepat menjadi negara maju. Untuk itu, kekuatan ekonomi harus ditopang oleh seluruh masyarakat.

Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) mengemukakan, kekuatan ekonomi sesungguhnya adalah saat mayoritas masyarakat menjadi pondasi perekonomian. Namun, saat ini hanya sebagian kecil masyarakat yang menopang perekonomian nasional.

Tercatat 70% masyarakat dalam tatanan menengah ke bawah. Jadi, hanya sekitar 30% masyarakat yang menjadi penopang ekonomi.

"Kalau sekelompok kecil masyarakat saja yang menopang, ekonomi Indonesia rapuh. Kekuatan ekonomi harus ditopang oleh mayoritas masyarakatnya,” ujar HT, dalam Muskerwil Partai Perindo Jawa Barat, Rabu (11/5/2016).

Karena itu, lanjut HT, masyarakat menengah ke bawah harus mendapat perlakuan khusus agar produktif, berkembang dan akhirnya bisa naik kelas dan mandiri. Ini yang disebut dengan ekonomi kerakyatan. "Yang mapan biarkan mereka berkembang dengan peraturan yang jelas dan pelaksanaannya konsisten. Sementara bagi yang belum mapan, diberikan perlakuan khusus, dilindungi, dibantu," terangnya.

Menurut HT, peraturan tidak boleh berlaku sama, sebab kebutuhan masing-masing kelompok masyarakat berbeda. "UMKM bantuannya berbeda, petani bantunya bagaimana, nelayan bantunya bagaimana. Tapi, ujung-ujungnya adalah mengentaskan mereka secepat-cepatnya," terangnya.

Dia memandang, pemberlakukan satu aturan untuk semua hanya akan membuat masyarakat kecil jauh tertinggal. “Masyarakat kecil modalnya kalah, pengetahuannya kalah, network-nya kalah. Terus dibuka lagi (pasar bebas) se-ASEAN, nanti tenggelam, nanti dibuka lagi se-Asia, ya makin tenggelam,” ungkap HT.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5765 seconds (0.1#10.140)